oleh

Pertandingan Dewa Kipas Vs GM Irene, Jadi Optimisme Cabang Olahraga Catur!

siarandepok.com – Pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur melawan Grand Master Putri (WGM) Irene Kharisma Sukandar yang berlangsung kemarin, Senin (22/03/2021). Diselenggarakan melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier mendapat sorotan serta antusias luar biasa masyarakat. Pertandingan tersebut menjadi optimisme cabang olahraga catur agar lebih mendapat apresiasi dan dikenal lebih luas.

Polemik antara keduanya bermula ketika pemberitaan mengenai kasus akun Dewa Kipas memenangi pertandingan melawan pecatur luar negeri asal AS bernama Levy Rozman dengan nama akun GothamChess dalam situs chess.com. Kecurigaan Levy terhadap akun Dewa Kipas yang ia tuding permainan sang lawan menggunakan bot atau mesin yang berujung pada pemblokiran akun Dewa Kipas oleh chess.com.

Semenjak saat itu, netizen Indonesia berbondong-bondong menyerang akun GothamChess atas pemblokiran akun Dewa Kipas pasca-curhatan sang anak yang kemudian viral dan mendapat respon netizen. Melalui platform twitter, GM Irene angkat bicara mengenai kasus polemik Dewa Kipas dan GothamChess dengan memberikan surat terbuka untuk meluruskan polemik tersebut.

GM Irene dan Levy yang diundang hadir dalam podcast Deddy Corbuzier menjelaskan rentetan kecurangan dan kecurigaan permainan akun Dewa Kipas dalam chess.com. Kemudian disusul dengan kehadiran Dadang Subur selaku pemilik akun Dewa Kipas dengan Ali (anak) menjelaskan terkait penjelasan soal latar belakang, permainan catur, dan kehidupan mereka sehari-hari.

Deddy yang berusaha menengahi problem tersebut bersedia memfasilitasi pertandingan persahabatan antara GM Irene dan Dewa Kipas dengan kesepakatan pemenang mendapat hadiah sebesar Rp200 juta dan yang kalah mendapatkan  Rp100 juta.

Meski kalah telak 3-0 dari GM Irene, Dewa Kipas alias Dadang Subur tetap mendapat respon positif dari para penonton karena dapat mengimbangi pada awal pertandingan, membuktikan Pak Dadang dapat bermain catur.

Dilain sisi, salah satu komentar netizen, “Apresiasi terhadap penyelenggara pertandingan, yakni Deddy Corbuzier sungguh luar biasa karena merubah kekacauan masalah menjadi kesempatan emas dan hal yang luar biasa,” tulis akun @farrelhadi.

Nama Deddy pun mencuat diberbagai platform media sosial pasca-tayangan kanal YouTubenya yang menyiarkan pertandingan catur antara Dewa Kipas dan GM Irene secara live. Pertandingan disaksikan oleh 1,5 juta penonton dan kini video tersebut telah ditonton lebih dari 7 juta kali dan menjadi trending di YouTube.

 

Penulis: RS

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru