oleh

Cara Aman Internetan dengan Hotspot Gratis

-Tekno-739 views

Siarandepok.com – Kebanyakan orang pasti menyukai yang namanya internet gratis, apalagi di Kota Depok yang kini sudah banyak tempat – tempat yang menyediakan akses Wi-Fi gratis. Meski menguntungkan ada baiknya para pengguna tetap memperhatikan kemungkinan terburuk yang terjadi semisal pencurian data oleh hacker. Oleh sebab itu perlu adanya pengamanan dengan ke 4 cara ini.

1. Pastikan Kalian Menggunakan VPN

  • Gunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menyamarkan identitas pengguna dengan enkripsi data dan mengalihkan transaksi data ke server yang diamankan. Penggunaan VPN adalah salah satu cara yang paling praktis dan efektif untuk mengamankan perangkat saat tersambung ke Wi-Fi publik. Ada berbagai penyedia layanan VPN untuk desktop dan mobile. Sebagian besar menarik bayaran, tetapi masih ada juga yang gratis.

 

2. Jangan Mengganti Password Saat Terhubung dengan Wi-Fi Publik

  • Usahakan untuk tak mengganti password saat kamu terhubung dengan Wi-Fi publik, sebab hal ini berpotensi pada pelanggaran data atau serangan siber. Pastikan, mengganti password dilakukan saat kamu berada di jaringan internet yang aman.

 

3. Pastikan dan Cek Kembali Wi-Fi yang Digunakan

  • Saat menyalakan Wi-Fi, perangkat akan memindai hotspot apa saja yang tersedia di sekitar pengguna. Supaya tak salah pilih, sebaiknya hanya sambungkan perangkat ke pengelola hotspot yang memang dikenal, misalnya yang dioperasikan oleh pihak kafe tempat pengguna berada. Kalau memungkinkan, jangan terlalu banyak menyambungkan perangkat ke hotspot di tempat baru. Semakin banyak hotspot yang tersambung ke perangkat pengguna, semakin banyak pula kemungkinan di antaranya yang memiliki keamanan kurang mumpuni.

 

4. Gunakan HTTPS

  • Mengenkripsi komunikasi antara komputer dan situs yang dikunjungi merupakan salah satu cara untuk menjaga privasi dan keamanan. Karena itu, saat mengakses internet di jaringan publik, pastikan situs yang Anda buka URL-nya menggunakan “https://”. Website yang menggunakan https akan mengenkripsi aktivitas Anda.
    Https menunjukkan bahwa enkripsi SSL pada situs tersebut telah aktif. Selain URL https, Anda juga akan melihat ikon gembok pada address bar di browser, ini menunjukkan koneksi SSL aktif. Dengan enkripsi SSL, informasi yang anda kirim dan terima akan aman dan tak terbaca orang lain.

 

Penulis: M Ramadhan

Editor: Sabar P

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru