oleh

Bahaya Junk Food untuk Tubuh Kesayangan Kita

siarandepok.com – Makanan cepat saji/junk food biasanya menjadi makanan andalan kita saat makan siang. Selain rasanya yang gurih dan lezat. Junk food memiliki kandungan kalori, lemak, gula, dan garam. Tetapi, ada juga makanan cepat saji yang tidak sehat.

Junk food atau yang artinya makanan ‘sampah’ menjadi favorit kita karena pengolahan yang cepat, mudah, dan rasa yang gurih. Dengan teknik pengolahan minyak yang banyak dan digoreng dengan deep fried membuat makanan menjadi lebih crispy dan meningkatkan selera.

Mengapa demikian disebut makanan ‘sampah’? Menurut ahli Kesehatan, junk food hanya mengandung banyak lemak jenuh dan sedikit nutrisi. Pengolahan makanan dengan cara deep fried dengan minyak yang banyak membuat makanan berbahaya untuk tubuh kita.

Kandungan minyak dan garam yang tinggi merupakan faktor resiko gangguan kesehatan, seperti hipertensi, kolesterol, dan diabetes.

Ahli Kesehatan mengatakan, mengkonsumsi junk food tidak boleh terlalu sering. Jangka waktu minimal 1 bulan sekali. Makanan junk food membuat pencernaan dan tenggorokan terasa tidak enak karena terlalu sering mengkonsumsinya.

Saran dokter untuk mengurangi konsumsi junk food seperti ganti minuman soda dengan meminum jus/air putih. Hindari mayones yang banyak dan konsumsi salad yang banyak. Pilihlah makanan yang diolah dengan direbus atau dipanggang karena lebih baik daripada makanan yang digoreng.

 

(EMY)

(SFP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru