oleh

Mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Open Defecation Free (ODF)

siarandepok.com – Dinas Perumahan dan Permukiman (DISRUMKIM) Kota Depok mengadakan kegiatan penyusunan rencana kerja perangkat daerah secara virtual (19/2/2021). Kegiatan dilakukan secara resmi dibuka oleh Plh. Wali kota Depok, Sri Utomo.

Sesuai dengan visi Wali Kota Depok untuk mewujudkan Kota Depok yang maju, sejahtera, dan berbudaya. Penyusunan rencana daerah Dinas Perumahan dan Permukiman (DISRUMKIM) untuk menjadikan Kota Depok sebagai kota Open Defecation Free (ODF).

“Semoga kita semua akan menghasilkan langkah-langkah perencanaan yang baik untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” ucapnya.

Forum perangkat daerah adalah bagian dalam proses perencanaan pembangunan yang merupakan forum antar perangkat kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Berdasarkan Permenkes RI Nomor 85/852/Menkes/SKI/2008, Sri Utomo mengemukakan bahwa suatu masyarakat disebut Open Defecation Free (ODF) salah satunya jika semua masyarakat membuang air besar di jamban yang sehat dan harus ada tempat penampungan (bukan di air mengalir).

Mewujudkan Kota Depok sebagai kota Open Defecation Free (ODF) dengan akses air minum dan sanitasi aman serta budaya perilaku higienis.

“Cas sanitasi aman yang kami promosikan adalah bagaimana setiap rumah tangga memiliki kloset leher angsa,” ucap Usye IUWASH.

Kloset leher angsa di dalam rumah kemudian dihubung atau terhubung dengan tengki septitank yang kedap lalu karena kedap suatu saat akan penuh. Maka harus dilakukan perawatan dengan cara disedot yang dilakukan oleh UPT yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Lanjutnya, sosialisasikan kepada warga masyarakat agar Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Mengindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas (5M). Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir.

 

Penulis: DL

Editor: SFP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru