oleh

Cerita Petugas PPSU, Pahlawan Kebersihan Jakarta yang Bertaruh Nyawa saat Menyapu Jalan

Siarandepok.com – Tugas yang diemban oleh petugas PPSU bukan lah hal mudah. Pejuang kebersihan ruas jalan di Jakarta ini bahkan harus mempertaruhkan nyawanya saat menjalankan tugas.

Terakhir, Naufal Rosyid (24), personel PPSU Kelurahan Susukan jadi korban tabrak lari oleh pengendara sepeda motor saat menyapu dekat flyover Pasar Rebo. Ia tewas pada Sabtu (30/3) malam, setelah sempat menjalani perawatan sejak Selasa (26/3).

Lokasi tempat tewasnya Naufal memang dikenal rawan kecelakaan oleh para personel Kelurahan Susukan.
Bahkan, rekan Naufal bernama Arifin (44) mengaku pernah juga mengalami kecelakaan di sekitar flyover Pasar Rebo.

“Termasuk rawan, dulu waktu saya masih kerja di Dinas Lingkungan Hidup jadi penyapu jalan juga pernah ditabrak pas di flyover Pasar Rebo ini. Untungnya luka saya enggak parah,” kata Arifin di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (1/4).

Meski tak ingat kapan kejadian yang menimpanya, Arifin menuturkan insiden itu terjadi sama seperti saat Naufal ditabrak pengendara motor, yakni saat dirinya sedang bertugas membersihkan area di sekitar jalan tersebut.

Beruntung, pengemudi sepeda motor yang menabrak Arifin terjatuh setelah hilang kendali saat menghantam lengan Arifin. Insiden itu menyebabkan tangan kanan Arifin terkilir dan tak bisa bekerja selama satu pekan.

“Orang yang nabrak saya waktu itu jatuh, terguling dari sepeda motornya. Dia juga luka tapi mengaku kalau dia yang salah dan mau tanggung jawab biaya pengobatan saya,” ujarnya.
Menurutnya dia tak mengalami luka parah karena pengendara sepeda motor yang menabraknya terlebih dulu menghantam bak sampah portabel yang kerap dibawa personel PPSU.

Sebenarnya, bak sampah portable itu juga dimaksudkan untuk melindungi para petugas sebagai penanda apabila mereka harus bertugas di pinggir jalan. Namun demikian, banyak pengendafa motor yang tak menyadari hal itu dan langsung tancap gas ketika memasuki area flyover.

Penulis: Ardiansyah Septian
Editor: Faisal Nur Fatullah

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru