oleh

Apakah Berbahaya Mencampur Mie Instan dengan Bumbunya saat Dimasak?

Siarandepok.com – Mie instan sepertinya sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain cara membuatnya yang sangat praktis, mie instan di Indonesia juga terkenal dengan rasa yang menggiurkan.

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk membuat mie instan itu sendiri, termasuk dengan langsung mencampurkan bumbu ke dalam mie yang sedang dimasak. Akan tetapi, apakah boleh mencampurkan bumbu dengan mie yang sedang dimasak?

Banyak artikel yang mengatakan bahwa bumbu yang dimasukan langsung dengan mie yang sedang dimasak akan menyebabkan kanker. Menurut penilitian dari pakar nutrisi Indonesia, Jansen Ongko, M.Sc, RD dalam sebuah pendapat ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

“Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Dikatakan, MSG jika dimasak di atas suhu 120 derajat celcius akan berpotensi menjadi karsinogen alias pencetus kanker, padahal titik didih air hanya 100 derajat celsius, sehingga tidak mungkin memasak mi pada suhu 120 derajat celcius. Kecuali menggunakan minyak yang titik didihnya mencapai 200 derajat celcius.” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa MSG adalah garam natrium dari asam amino yang berupa glutamat. Glutamat adalah asam yang paling banyak terdapat di alam. Glutamat ini ditemukan hampir di semua makanan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa mencegah dan menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati. Maka dari itu, ada baiknya masak mie instan sesuai dengan petunjuk yang disarankan, di mana dalam petunjuk tersebut menjelaskan bahwa bumbu tidak dicampur langsung ke dalam mie yang sedang dimasak. Bumbu diletakkan secara terpisah pada mangkuk yang akan disajikan.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Faisal Nur Fatullah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru