oleh

Ternyata Sinar Matahari Pengaruhi Kesehatan Mental Lho, Ini Penjelasannya

Siarandepok.com- Tidak sedikit masyarakat yang berada di wilayah tropis, termasuk Indonesia dengan keberlimpahan paparan sinar matahari justru kurang mendapatkan asupan sinar matahari.

Paparan sinar matahari ternyata memiliki dampak yang kuat pada kesehatan mental terutama berkaitan dengan suasana hati.

Fakta ini disampaikan pakar kesehatan jiwa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr dr Ronny Tri Wirasto, Sp.Kj  Menurut dr Ronny paparan sinar matahari, kata Ronny, akan merangsang otak untuk memproduksi serotonin dalam tubuh yang membantu mengatur perasaan hati seperti bahagia, sedih, nyaman, cemas, serta nyeri.

“Kalau dikatakan sinar matahari berpengaruh terhadap mood atau suasana hati itu memang betul karena berpengaruh pada pelepasan zat serotonin dalam tubuh yang menjaga kita tetap dalam suasana hati yang baik dan tetap segar,”ujarnya di Yogyakarta, Kamis (17/2/2022).

Untuk mengatasi hal itu, Rony menyampaikan perlunya pengaturan paparan cahaya matahari, salah satunya dengan berjemur di pagi hari.

“Hidupkan lagi tradisi ‘dede’ atau berjemur karena tidak hanya untuk mengaktifkan vitamin D, namun juga menjaga mood itu sudah terbukti secara ilmiah,” tutupnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru