oleh

Kuliner Legendaris Kue Vor Vor khas Maluku

Siarandepok.com- Kepulauan Kei Kabupaten Maluku Tenggara memiliki banyak keunikan kuliner. Salah satunya adalah makanan legendaris yang disebut sebut sebagai kue vor vor yang terbuat dari biji pohon melinjo dan kacang kenari.

Kue vor vor dari kepulauan kei kabupaten Maluku Tenggara telah di wariskan secara turun temurun oleh para leluhur orang kei dari zaman ke zaman. Hingga sekarang kue ini masih menahan rasa dan cocok untuk di jadikan pembekalan karena memiliki daya tahan yang sangat lama hingga sebulan lebih.

Untuk proses pembuatan kue vor-vor yaitu biji melinjo dikupas dan di sanggreng hingga benar benar matang, sesudah matang biji melinjo kemudian di tumbuk dengan menggunakan batu hingga benar benar hancur, lalu di tapis menggunakan ayakan sampai halus seperti tepung.

Setelah biji melinjo yang telah halus dicampur dengan kacang kenari gula pasir dan gula merah serta kayu manis adonan nya telah siap, dibentuk dan di bungkus menggunakan daun bambu yang telah dibersihkan.

Proses berikutnya dipanggang selama kurang lebih 30menit diatas panas nya api tanpa minyak maupun air hingga benar benar matang. Setalah matang kue vor vor dari biji melinjo dan kacang kenari ini pun siap disantap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru