oleh

Satgas COVID-19 Wajibkan Zona Merah Salat Id di Rumah, Berikut Aturan Salat Id Untuk Zona Lain

Siarandepok.com – Menjelang akhir bulan Ramadhan menuju hari raya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengeluarkan aturan serta protokol kesehatan wajib untuk menggelar salat id. Hal ini dilakukan untuk menjamin seluruh masyarakat terhindar dari risiko penularan COVID-19.

Disebutkan oleh juru bicara satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, salat idul fitri wajib dilakukan dari rumah masing-masing pada daerah berzona merah dan oranye.

“Pokok yang harus diperhatikan ialah diwajibkan beribadah dari rumah masing-masing bagi penduduk di daerah berzona merah dan oranye,” ujar Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, pada daerah dengan zona kuning dan hijau, pelaksanaan ibadah berjamaah atau salat id boleh dilakukan, tetapi dengan sejumlah syarat berikut:

  • Mampu meminimalisir kegiatan yang menimbulkan kerumunan selama menjalankan rangkaian ibadah berlangsung, contohnya seperti dengan berwudhu dari rumah
  • Membawa peralatan dan alat ibadah sendiri
  • Hanya diikuti oleh maksimal 50 persen dari kapasitas tempat
  • Membentuk satgas di masjid atau mushala untuk menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan, termasuk memastikan ketersediaan fasilitas pendukung, seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan desinfektan
  • Jika memungkinkan, memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung ibadah, seperti mendengarkan khutbah melalui pertemuan virtual.

 

Sumber: health.detik.com / Ardela Nabila

Foto: illustrasi solat ied saat pandemi  / kompas.com

 

(Indri Mutiarahma A.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru