oleh

Sekertariat Presiden Meresmikan Ruang Konservasi Benda Seni di Istana Kepresidenan

siarandepok.com – Sekertariat Presiden meresmikan ruang konservasi benda seni di Istana Kepresidenan, Kamis kemarin (15/4/2021). Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, peresmian ruang konservasi benda seni tersebut merupakan salah satu tugas Sekretariat Presiden untuk mengelola koleksi benda-benda seni Istana Kepresidenan.

“Kami resmikan bangunan restorasi dan konservasi ini untuk bisa merestorasi seluruh aset yang bernilai tak terhingga,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (16/4/2021).

Koleksi benda seni di Istana Kepresidenan meliputi berbagai medium, seperti lukisan yang terbuat dari berbagai macam cat, seni keramik yang memiliki aneka ragam bentuk, serta benda seni fungsional, seperti guci, vas, dan teko.

“Hari ini kita berjuang sedikit demi sedikit ruangan ini telah berhasil untuk melakukan restorasi benda-benda seni nanti ada di sini, dan harapan kami di sini untuk ada Pak Sesmen (Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara) juga, harapan kami anggaran itu bisa kita tingkatkan,” ujar Heru.

Heru juga tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang turut memberikan dukungan.

“Kami terima kasih atas segala dukungannya sehingga acara ini dan terutama bangunan ini bisa berdiri dengan baik,” ucap Heru.

“Ruang konservasi ini telah dibangun dengan spesifikasi khusus artinya dari sisi pengaturan suhu, dari sisi keamanan, bahkan juga dari pencegahan seandainya ada bahaya kebakaran,” ujar Rika Kiswardani, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana.

“Fungsi yang lain adalah untuk ruang konservasi atau ruang perawatan di mana di dalamnya juga ada laboratorium,” lanjutnya.

Terakhir, Rika berharap ruang konservasi benda seni tersebut dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat yang ingin mengenal dan menambah wawasan terkait benda-benda seni.

“Insya Allah kami juga akan menggunakan ruang konservasi ini sebagai ajang edukasi,” ucap Rika.

 

Penulis: RR

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru