oleh

Harapan Pemerintah Indonesia setelah Pelantikan Kepemimpinan Baru Amerika Serikat

SiaranDepok.com – Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Kamala Harris dari partai Demokrat telah dilantik pada tanggal 21 Januari 2021 (12:00 AM GMT +7). Berita pelantikan menarik banyak sorotan dari seluruh dunia. Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengucapkan selamat atas terpilihnya kepemimpinan baru negeri Paman Sam tersebut.

“Selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden baru Amerika Serikat. Semoga administrasi baru ini membawa dampak positif dalam stabilitas poitik regional maupun global,” ucap Azis Syamsuddin, kepada wartaman, Jumat (22/1/2021).

Joe Biden dan Kamala Harris lebih dahulu dilantik pada 20 Januari 2021 di West Front gedung Capitol Amerika Serikat.

Setelah berbagai isu politik domestik Amerika Serikat terkait hal pelantikan yang menjadi sorotan media masa internasional.

“Kepemimpinan Biden-Harris menjadi semangat baru multilateralisme global, khususnya di masa pandemi saat ini. Kita harapkan kerja sama positif AS dalam kerangka membangun hubungan international yang konstruktif, khususnya di wilayah Indo-Pasifik,” ujar Aziz.

Kepemimpian Biden-Harris terhadap dunia yang membuat politikus Golkar ini berharap Indonesia perlu aktif membangun komunikasi dan diplomasi secara intens dengan administrasi baru Amerika Serikat dalam rangka menjaga neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat berpidato menyoroti isu besar tentang supermasi kulit putih, pandemi virus corona, hingga upaya memperbaiki hubungan dengan negara lain. Foto: Caroline Brehman/Pool Photo via AP.

“Pemerintah perlu aktif memanfaatkan momentum awal dalam menegosiasikan berbagai kepentingan Indonesia, khususnya terkait neraca perdagangan,” ujarnya.

“Kita perlu meningkatkan ekspor kita serta menarik investasi ke Indonesia dalam hal pembangunan industri dalam negeri sehingga dapat terjadi transfer of technologi dan bermanfaat dalam pembangunan menuju Indonesia Maju,” tambah Aziz.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam ini mengharapkan dapat menjaga stabilitas regional pada perkembangan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif dan membawa dampak positif dengan adanya kepemimpinan baru Amerika Serikat.

“Kawasan Indo-Pasifik menjadi perhatian khusus, semoga kepemimpinan Biden-Harris membawa stabilitas kawasan dalam kerangka inklusif dengan mengedepankan nilai-nilai Sentralitas ASEAN. Kerjasama ekonomi regional dan pemeliharaan perdamaian dunia serta penerapan asas-asas hukum internasional menjadi prospek kerjasama kedepan antara Indonesia-Amerika Serikat,” pungkasnya.

 

Penulis: EMY

Editor: SFP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru