oleh

Tips mudah menjaga kesehatan mata

Siarandepok.com – Mata adalah indra penglihatan yang sangat berharga. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya ketika melihat objek. Fungsi mata dapat menurun dengan bertambahnya usia. Maka dari itu menjaga kesehatan mata adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran diri untuk menjaga kesehatan mata.

Jika mata sudah mengalami gangguan, cara untuk mengatasinya tidak mudah. padahal menjaga mata agar tetap sehat itu sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Merawat kesehatan mata sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat;

1.Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan mata. Terlebih lagi jika rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. Kamu bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

2.Berhenti Merokok

merokok ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan mata. Asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

3.Mamakai Kacamata Pelindung

Menggunakan kacamata pelindung juga sangat penting terutama saat beraktifitas di depan komputer. Agar tidak rusak dapat menggunakan kacamata anti-radiasi. Jika berada di luar ruangan dapat menggunakan kacamata hitam agar menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

4.Rutin Periksa Mata

Rutin melakukan pemeriksaan dapat mecegah kerusakan, karena kita dapat memantau kondisi pada mata. Disarankan rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Cukup mudah bukan caranya untuk menjaga kesehatan mata? Lakukan secara rutin ya agar mata tetap sehat!

 

Penulis: DL

Editor: DMC

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru