oleh

Begini Cara Meracik Es Teh Tarik yang Harum Pekat

Siarandepok.com-Penggemar teh susu pasti tak asing dengan teh tarik. Teh populer Malaysia ini punya cita rasa manis pekat yang khas.

Teh tarik banyak dijajakan di Malaysia, tepatnya di kedai-kedai mamak (India Muslim) sebagai pendamping camilan roti canai atau kaya toast. Sementara di Indonesia, teh tarik mudah ditemui di kopi tiam, restoran, maupun rumah makan.

Salah satu yang menyediakannya adalah restoran peranakkan Ah Mei Cafe. Teh tarik di sini tersedia dalam pilihan hangat maupun dingin.

 

 

Terdapat area khusus untuk ‘menarik-narik’ teh. Racikannya terdiri dari teh hitam, susu kental manis, susu cair, dan gula pasir.

“Satu teko teh dibuat dengan perbandingan teh dan air 3:9. Teh ini dituang dan disaringnya dua kali supaya pekat,” ujar sang pegawai yang meracik teh tarik langsung tiap kali ada pesanan.

Tiap gelas teh tarik diracik dalam gelas mungil. “Pertama masukkan susu kental manis, habis itu susu cair, dan gula pasir. Baru terakhir teh hitamnya,” ujar pegawai.

Barulah kemudian teh dituang ke gelas lebih besar. Gerakan ini dilakukan berulang hingga mengesankan minuman seperti ‘ditarik.’ “Proses ini nggak usah lama-lama, cukup sampai permukaannya berbusa saja,” ujarnya.

Selanjutnya siapkan gelas isi es batu, lalu masukkan teh tariknya. Es teh tarikpun siap dinikmati. Makin enak didampingi kaya toast yang manis gurih sebagai pelengkap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru