Bimbingan Teknis Kepemimpinan Ormas Kota Depok Tahun 2018

- Reporter

Kamis, 9 Agustus 2018 - 23:16

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Foto: Siarandepok.com/Daffa)

(Foto: Siarandepok.com/Daffa)

Siarandepok.com  –  Rabu, 08/08/2018. Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan, bahwa pemerintah mempunyai tiga peran utama dalam kehidupan pemerintahan. Yang pertama adalah peran pelayanan,  peran pelayanan  pemerintahan ini ada yang bersifat pemerintahan absolut (berfokus di pusat)  dan pemerintahan konkuren (dibagi antara pemerintah pusat dan daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota).

Ada pelayananan-pelayanan yang seperti pelayanan peran wewenang, misalnya peran wewenang walikota didelegasikan atau diberikan kepada camat untuk lebih mempercepat  dalam pelayanan pada masyarakat. Seperti pelayanan perbaikan infrastruktur. Di mana, walikota bisa memberikan tugas tersebut kepada camat untuk mengawasi langsung perbaikan infrastruktur  jalan yang dilakukan oleh dinas PUPL  (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) atau yang dilakukan oleh dinas yang lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Yang kedua yaitu peran pembangunan, pembangunan ini yang bersifat material atau infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah, itu diserahkan kepada satuan dinas perumahan dan pemukiman. Seperti pembangunan sekolah, pembangunan rumah sakit dan lainya. Ditambah dengan pembangunan yang dijanjikan oleh kepala daerah yang dijanjikan pada saat pemilihan.

Pembangunan infrastruktur yang  merupakan  janji  kepala daerah saat pemilihan dulu, misalnya pembangunan rumah sakit umum daerah bagian timur, itu janji harus selesai sebelum atau pada saat akhir masa bakti yaitu 2021 sudah harus bisa digunakan.

Untuk  RSUD  bagian timur tahun depan perencanaan detailnya akan  dibangun kontruksinya pada 2020 dan pada tahun 2021 akan bisa dimanfaatkan. Posisinya berada di bagian timur kota depok, tepatnya  di Kecamatan Tapos dan puskesmas rawat-inap 24 jam. Ada tujuh puskesmas yang sudah bembuka 24 jam tetapi masih belum membuka untuk rawat-inap. Karena kurangnya kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia).

Pembangunan gedung-gedung di rumah sakit umum daerah bagian barat, yang sudah dibangun delapan lantai, yang sebelumnya hanya 60- 70 unit untuk yang rawat-inap dan sekarang sudah 200 unit di rumah sakit umum daerah sawangan.  Untuk ruang ICU sudah di siapkan 9 unit dan baru bisa melayani 3 beg. Alasanya, karena kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) dan yang lainya. Untuk ruangan yang belum konserfatif yaitu UGD dan Rumah Duka.

Dan yang ketiga peran pemberdayaan, yaitu pembangunan mental spiritual. Peran ini adalah peran pemerintah yang dilakukan untuk  organisasi-organisasi wanita untuk  bimbingan teknis dan kepemimpinan. Mencakup tentang masalah kepemimpinan, masalah tatanan keluarga. Di mana ibu-ibu sangat berperan aktif dalam permasalahan dan  ketahanan dalam keluarga. Karna sekarang sudah ada PERDA (Peraturan Daerah) tentang ketahanan keluarga. Sekarang Kota Depok mempunyai salah satu program unggulan yaitu “ Kota Ramah Keluarga”.

Dengan adanya PERDA tentang ketahanan keluarga ini, diharapkan masyarakat Depok dapat mengatur masalah dalam keluarga. Hal ini karena disisi lain Kota Depok adalah kota yang berada di posisi ke-dua  di Jawa Barat di Tahun 2014-2015 tingkat perceraian yang tinggi.

Dalam menjaga ketahanan rumah tangga perlu adanya 3T  yaitu:  Terawatnya cinta kasih, Terjalinya komunikasi dan Terciptannya harmoni dalam kehidupan rumah tangga.

 

 

Penulis :  Iis Jumiarti

Editor: Dhea A

 

<

Berita Terkait

Penangkapan Ular Cobra Masuk Rumah Warga Di Lingkungan RT 03/04 Sukatani Tapos Depok
Punya Jaringan Kuat, Alumni Muda Gontor Semakin Mantap Dukung Supian Suri
Alumni Muda Gontor Pastikan Hanya Dukung Supian Suri di Pilkada Depok 2024, Pintu Masih Terbuka Lebar
Guyubnya Warga RT 03 RW 04 Sukatani Tapos Gelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
Kampung Setaman Depok, Kampung Berseri Kedua Binaan Grup Astra
Jurus Jitu Ss Atasi Banjir Di Mampang
Mohammad Idris : Pemkot Depok akan Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus 

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:29

Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:58

Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:01

Ulama Besar, Grand Syaikh Al-Azhar Bakal Hadir di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Senin, 8 Juli 2024 - 18:38

Madina Muharram Festival 1446 H, Ramah Keluarga, Beribu Manfaat

Sabtu, 6 Juli 2024 - 12:19

Aliansi BEM PTMA-I Zona 3 Minta Polisi Usut Tuntas Sejumlah Kasus Represifitas

Sabtu, 6 Juli 2024 - 08:08

Keluarga Besar SDIT & SMPIT ARRAHMAN DEPOK 2024 Adakan TRIP Ke Pangandaran bersama Dirgantara AIA Tour Travel Depok

Sabtu, 6 Juli 2024 - 08:04

Hj Nurhayati: Stunting Ini Bisa Diselesaikan Asal ….

Berita Terbaru