Bingung Bagaimana Cara Memberi Instruksi di Lapangan? Ini Solusinya

- Reporter

Selasa, 7 Agustus 2018 - 17:40

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Foto: siarandepok.com/Daffa)

(Foto: siarandepok.com/Daffa)

Siarandepok.com – Di Indonesia, banyak sekali organisasi – organisasi yang berada di berbagai sekolah maupun kampus yang sangat menarik. Mulai dari Paskibra, Pramuka, PMR, Futsal, Basket, dll.  kadang sebagian orang masih bingung bagaimana sih cara memberi instruksi di lapangan?

Pertama, saat kita mengajarkan materi lapangan terhadap para Audiens kita, kita harus mengetahui dan memahami materi yang kita ajarkan. Misalkan bila kita mengajarkan Paskibra, kita harus mengetahui tata cara baris berbaris yang benar, bila kita mengajarkan futsal maka kita harus memahami dan menegerti dasar-dasarnya, dll. Lalu, saat mengajarkan jangan hanya di teorinya saja, namun di praktiknya juga. Kita harus berani mempraktikkan materinya agar teman-teman kita mengerti apa yang kita ajarkan kepada mereka. Namun jangan lupa, saat mengajar materi lapangan kita harus sehat.  Baik itu sehat jasmani maupun rohani. Terakhir, jangan lupa untuk semangat saat mengajarkan materi, agar antusiasme teman-teman kita terus meningkat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu, bagaimana sih caranya saat kita melatih teman-teman kita atau memberikan instruksi langsung di lapangan? Ada 3 pedoman dasar dalam cara memberi instruksi. Pertama, gunakan bahasa  sederhana. Agar teman-teman mengerti apa yang kita ajarkan ke mereka. Jangan gunakan bahasa yang susah dimengerti. Sederhana namun  mengenai sasaran itu sangat direkomendasikan saat mengajarkan teman-teman kita. Kedua, gunakan panca indera kita saat mengajar. Misal saat teori biarkan mereka untuk melihat, mendengarkan, dan berfikir. Lalu saat praktek, biarkan mereka melihat, mendengarkan, dan berbuat. Ketiga, biarkan teman-teman kita mempraktikkan yang kita ajarkan ke mereka. Percayalah ke mereka bahwa mereka bisa. Terus menyemangati, bangkitkan perhatiannya, seperti bangun antusiasmenya. Berikan teman-teman kita beraktifitas untuk mempraktekkan materi kita. Misal, bila kita mengajar futsal, maka berilah mereka  aktifitas sparring, bila di PMR berikan mereka skenario mengenai korban kecelakaan, dll. Sehingga teman-teman kita mudah mengingat materi yang kita ajarkan.

Tapi, kebanyakan dari kita grogi saat mengajar teman-teman. Bagaimana caranya agar tidak grogi? Ada banyak sekali teknik berbicara dalam lapangan. Buat nada suara kita agak perlahan dan jangan cepat-cepat, perlihatkan semangat kita dan kuasai materi yang akan kita berikan, dan yang terakhir lakukan dengan suara penuh dan jangan putus-putus.

Bagaimana bila teman kita bertanya dan kita kesusahan menjawab pertanyaanya? Ada juga teknik bertanya yang baik. Ada beberapa jenis pertanyaan. Ada yang membangun, mengoreksi, dan memang teman kita tidak tahu jawabannya (berisi pertanyaan normal). Cara menjawabnya ada 2, yaitu konvergen dan divergen. Jawaban konvergen adalah jawaban yang hanya membutuhkan 1 jawaban, sedangkan jawaban divergen adalah Pertanyaan yg mengundang suatu cara berfikir & merespon yang berlainan. Bila kita tidak tahu jawabannya, berikan kesempatan pada teman lainnya (lempar jawaban) agar teman-teman kita bisa bebas berpendapat. Bila kita masih tidak bisa menjawabnya, akui bahwa kita tidak tahu jawabannya. Dan akan kita cari tahu dikemudian hari.

Semoga dengan cara ini, pembaca dapat mengajarkan materi kepada teman-teman dan memberikan instruksi dengan baik dan benar

 

 

Penulis : Daffa Rafifadhil Azmi Manurung

Editor: Iis Jumiarti

 

 

<

Berita Terkait

Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng
DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023
Penangkapan Ular Cobra Masuk Rumah Warga Di Lingkungan RT 03/04 Sukatani Tapos Depok
Punya Jaringan Kuat, Alumni Muda Gontor Semakin Mantap Dukung Supian Suri
Alumni Muda Gontor Pastikan Hanya Dukung Supian Suri di Pilkada Depok 2024, Pintu Masih Terbuka Lebar
Guyubnya Warga RT 03 RW 04 Sukatani Tapos Gelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
Kampung Setaman Depok, Kampung Berseri Kedua Binaan Grup Astra

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 16:54

Seminar Online Primago 2024 “Kata Siapa Alumni Pesantren Tidak Bisa Menjadi Dokter?

Selasa, 23 Juli 2024 - 14:41

Kerja Keras Sang Ayah Banting tulang Demi Anak Bisa Kuliah

Senin, 22 Juli 2024 - 20:53

Seminar Online Primago 2024 “Anak Masuk Pesantren, Perlukah Orang Tua Belajar Bahasa Arab”

Senin, 22 Juli 2024 - 20:50

Amazing….Pemkab Bandung Borong 13 Penghargaan di peringatan HARGANAS Ke-31 Jawa Barat

Senin, 22 Juli 2024 - 20:44

Fun Walk With Family tutup Rangkaian Harganas ke-31 Tingkat Jawa Barat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:01

Smpit Pesantren Nururrahman Adakan Workshop Penyusunan Perangkat Bahan Ajar Bersama Dr Awalludin & Irma Nurul Fatimah S.T

Sabtu, 20 Juli 2024 - 19:46

Awalnya Tak Mau Nyalon Bupati Nganjuk di Pilkada 2024, Gus Ibin Akhirnya dapat Restu Sang Bunda Maju

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:44

Inspirasi Berpolitik dari Sang Guru

Berita Terbaru