Mendukung Komitmen PBESI untuk Cetak Atlet Berprestasi

- Reporter

Selasa, 6 Desember 2022 - 15:04

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com-Seluruh pihak harus bisa mendukung penuh betapa kuatnya komitmen yang dimiliki oleh akademi esports PBESI (Akademi Garudaku) untuk mampu mencetak para atlet yang berprestasi secara seimbang bahkan secara akademik dan juga non-akademik.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa memang sejak dulu bahkan sampai ke depannya, peranan dari dunia pendidikan memang begitu penting. Terutama terkait dengan bagaimana pembentukan karakter dari seorang anak, untuk ke depannya dia bisa menjadi pribadi tertentu demi bisa menjadi salah satu pemimpin bangsa yang unggul. Dalam hal ini, ternyata mengenai dunia pendidikan juga sama sekali tidak bisa diremehkan begitu saja peranannya pada bidang esports yang memang belakangan sangatlah digandrungi oleh kaum muda.

Banyak pihak meyakini dengan kuat bahwa dengan dibantu dunia pendidikan yang bagus, maka akan pula bisa mencetak talenta-talenta para atlet esports generasi muda yang sangat berkarakter demi kemajuan bidang esports Tanah Air. Bagaimana tidak, karena dalam dunia pendidikan sendiri sarat akan nilai-nilai yang sangat penting untuk perkembangan karakter seorang anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Nilai-nilai pendidikan tersebut diantaranya sangatlah kental akan kedisiplinan, kepemimpinan hingga integritas. Ternyata ketiga nilai tersebut juga sangatlah selaras dengan seperti apa kebutuhan di dunia esports jika hendak mencetak para talenta atlet esports yang sangat mumpuni, yang mana diharapkan mereka tidak hanya sekedar pandai untuk bermain dan memenangkan sebuah laga, namun mereka juga diharapkan memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan juga cerdas secara akademik.

Dalam salah satu diskusi yang diselenggarakan langsung oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), yakni dalam salah satu rangkaian perhelatan Indonesia Esports Summit 2022, Kepala Program Akademi Garudaku – yang merupakan akademi esports resmi di bawah naungan PBESI – Robertus Aditya Pratomo Putro berpesan kepada seluruh atlet esports Indonesia bahwa mereka jangan sampai mudah terlena apabila sudah memiliki popularitas yang cukup tinggi.

Pasalnya, memang tidak bisa dipungkiri dengan sangat digandrunginya dunia esports belakangan ini, maka bisa dikatakan para atlet esports memiliki banyak penggemar dan juga cenderung lebih mudah meraih popularitas. Maka dari itu ketika misalnya anak-anak yang sudah menjadi atlet esports dan kemudian mereka berhasil menjadi seorang bintang, mereka harus tetap menjadi seseorang yang memiliki karakter terpuji.

Lebih lanjut, Robertus juga menyatakan bahwa kemampuan seorang atlet esports untuk bisa menyampaikan berbagai macam perkataan yang baik ketika di depan kamera ataupun tatkala berhadapan dengan para fans serta bisa menjaga untuk tidak secara sembarangan menggunakan kalimat yang kurang baik menjadi sangatlah penting untuk dimiliki setiap atlet.

Hal tersebut dikarenakan sejauh ini memang banyak sekali diantara penggemar dunia esports merupakan generasi muda hingga anak-anak, yang mana dikhawatirkan mereka akan cenderung sangat mudah untuk mencontoh idola mereka yang ditonton melalui berbagai tayangan seperti pada kanal Youtube. Maka dari itu para pemain atau atlet esports sekalipun harus bisa mencerminkan seseorang dengan karakter yang baik sehingga menjadi seorang publik figur yang layak untuk dicontoh para penggemarnya.

Kepala Program Akademi Garudaku tersebut juga menjelaskan bahwa memang konsep dari seluruh kurikulum atau program pengajaran yang mereka berikan kepada seluruh peserta didik di bawah akademinya sudah sangat sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki oleh PBESI selaku organisasi cabang olahraga yang membawahi dunia esports di Indonesia. Visi-misi tersebut adalah bagaimana caranya mencetak seorang atlet esports yang sangat berkualitas bukan hanya memiliki kapasitas sebagai seorang pemain, namun juga mampu untuk berprestasi di bidang akademik pula.

Robertus kemudian menegaskan bahwa dengan segala program pendidikan, pengajaran, kurikulum hingga ekstrakulikuler yang diberikan oleh Akademi Garudaku memang ke depannya akan bisa mencetak para atlet esports yang menyadari betapa pentingnya dunia pendidikan untuk selalu bisa meningkatkan kompetensi yang mereka miliki. Bukan hanya tatkala karier mereka sebagai seorang atlet esports sedang aktif bertanding, namun juga mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk karier masa depan mereka.

Pada kesempatan yang sama, beliau turut menegaskan bagaimana komitmen sangat kuat yang dimiliki oleh pihak Akademi Garudaku supaya bisa terus mendorong peningkatan kualitas para peserta didik, khususnya mereka para atlet esports. Tidak tanggung-tanggung, bahkan pihaknya bersedia untuk memberikan hadiah berupa beasiswa pendidikan ke perguruan tinggi terkemuka kepada para pemenang Liga Esports Nasional Pelajar.

Pihak Akademi Garudaku sendiri pun sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, termasuk sebanyak 9 perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air untuk bisa mendukung, menerima dan juga memberikan beasiswa kepada para pemenang ajang olahraga elektronik tersebut agar ke depannya tujuan untuk mencetak para atlet esports yang juga berprestasi di bidang akademik dan non-akademik secara seimbang mampu untuk terealisasikan dengan nyata.

Keseimbangan prestasi yang bisa dicapai oleh para atlet esports tersebut secara akademik dan juga non-akademik memang menjadi sangat penting sekali untuk direalisasikan. Seluruhnya demi tercapainya perkembangan yang jauh lebih pesat dalam dunia esports Tanah Air sehingga mampu menjadi barometer esports dunia. Maka dari itu, seluruh pihak harus turut mendukung bagaimana komitmen kuat yang dimiliki oleh akademi esports PBESI (Akademi Garudaku) dalam upayanya mencetak para atlet esports yang berkualitas dan berkarakter.

 

Oleh : Aulia Hawa )*

)* Penulis adalah kontributor Pertiwi Institute

<

Berita Terkait

Deklarasi Menteri WWF ke-10 Angkat Pengelolaan Air Terpadu pada Pulau Kecil
Kenapa Klub Seri-A Como 1907 Tidak Tertarik Rekrut Tom Haye ? ini Alasannya
WWF ke -10 Perkenalkan Subak Sebagai Pengelolaan Air Berbasis Kearifan Lokal
Percepatan Pengangkatan Guru Penggerak Menjadi Kepala Sekolah
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Beri Peringatan Keras ke Pihak Asing yang Berani Singgung Indonesia: Tidak Hanya Berbicara!
PKBM PRIMAGO INDONESIA ikut Memeriahkan Lebaran Depok 2024 dengan Penampilan Drama Budaya
Inginkan Perubahan, Bima Arya Dukung SS
Ajukan CLTN Supin Suri Mundur Dari Jabatan Sekda

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 12:38

Deklarasi Menteri WWF ke-10 Angkat Pengelolaan Air Terpadu pada Pulau Kecil

Selasa, 21 Mei 2024 - 17:47

Kenapa Klub Seri-A Como 1907 Tidak Tertarik Rekrut Tom Haye ? ini Alasannya

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:15

WWF ke -10 Perkenalkan Subak Sebagai Pengelolaan Air Berbasis Kearifan Lokal

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:55

Percepatan Pengangkatan Guru Penggerak Menjadi Kepala Sekolah

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:38

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Beri Peringatan Keras ke Pihak Asing yang Berani Singgung Indonesia: Tidak Hanya Berbicara!

Senin, 20 Mei 2024 - 20:07

Inginkan Perubahan, Bima Arya Dukung SS

Senin, 20 Mei 2024 - 20:05

Ajukan CLTN Supin Suri Mundur Dari Jabatan Sekda

Senin, 20 Mei 2024 - 14:54

Buka WWF ke-10, Jokowi: Dunia Harus Berkolaborasi Mengatasi Tantangan Global Terkait Air

Berita Terbaru