Delapan Penghargaan Adu Jak GenRE Tingkat Nasional Tahun 2022 Diborong Jawa Barat

- Reporter

Senin, 22 Agustus 2022 - 11:49

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com– Provinsi Jawa Barat berhasil meraih berbagai penghargaan dan tropi juara pada Apresiasi Duta GenRe Indonesia dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (ADU JAK GENRE) Tingkat Nasional Tahun 2022 yang dihelat di The Rich Hotel Yogyakarta, (17-22/8/2022). Tak tanggung-tanggung, kontingen GenRe yang digawangi oleh Forum Genre Provinsi Jawa Barat ini memborong 8 tropi dan penghargaan pada ajang tersebut.

Adapun daftar penghargaan yang berhasil diraih Provinsi Jawa Barat pada ADU JAK GENRE Tingkat Nasional kali ini diantaranya:

– Juara Harapan 1 Duta GenRe Indonesia Tahun 2022, Kategori Putra, M. Maulana Mansur
– Finalis 7 Besar Duta GenRe Indonesia Tahun 2022, Kategori Putri, Feni Nur’aeni
– Juara 1 PIK-R Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2022, Kategori Beraksi, PIK-R Smile SMA 25 Kota Bandung
– Juara 1 PIK-R Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2022, Kategori Berkolaborasi, PIK Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
– Juara 3 BKR Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2022, BKR Kembang Tanjung, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat
– Penghargaan Forum GenRe Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2022,
– Juara Inovasi Peran Remaja Dalam Pencegahan Stunting Tahun 2022, melalui Inovasi Cafè PENTING (Peduli Stunting, Forum Genre Jawa Barat berkolaborasi dengan Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung
– Juara Inovasi Peran Remaja Dalam Pencegahan Stunting Tahun 2022, Best Speaker Voice Your Right Segmentasi Berani, Moch. Jembar, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam Gema Malam Genre yang mengambil tema “Panggilan Aksi Genre Indonesia Terlibat Penuh Makna Cegah Stunting (Menguat – Menggema)” itu dihadiri Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K), Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dikukuhkan sebagai Bunda Genre Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo mengatakan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja tingkat nasional merupakan ajang rutin yang digelar setiap tahun. Namun, selama dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring dan pada 2022 baru bisa kembali digelar secara tatap muka langsung.

“Alhamdulillah, semua perwakilan dari Aceh sampai Papua hadir. Luar biasa, pesertanya lebih dari 1000 remaja. Inilah adik-adik dari Sabang sampai Merauke, beradu kreatifitas dan bertekad untuk menjadi generasi masa depan yang hebat untuk Indonesia Maju tentunya,” kata dr. Hasto.

Hasto juga menyampaikan pujian atas tekad para remaja untuk tidak menikah di usia muda, tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah serta tidak melakukan seks bebas, dan juga tidak mau mengunakan narkotika dan zat adiktif berbahaya.

“Ini luar biasa, karena ketika ketiganya ini dilakukan, maka adik-adik akan menjadi generasi yang unggul untuk Indonesia Emas,” kata dr. Hasto.

Selanjutnya dr. Hasto mengukuhkan Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagai Bunda Genre Indonesia. Dr. Hasto juga mengukuhkan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara sebagai Ayah Genre Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutan usai dikukuhkan, Gusti Ayu Bintang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai Bunda Genre Indonesia. Gusti Ayu Bintang juga menyampaikan tekad dan harapannya agar tidak ada lagi kelahiran bayi-bayi stunting, kekerasan terhadap anak maupun perempuan, tidak ada lagi anak-anak yang menjadi korban perkawinan anak, serta tidak ada lagi kelahiran yang tidak diinginkan.

“Mari bersama-sama kita saling berkolaborasi, GenRe Indonesia dengan Kementerian PPPA agar di masa depan hadir anak-anak unggul yang sehat, cerdas, ceria. Anak-anak yang dilahirkan dan tumbuh di tengah-tengah keluarga kecil bahagia dan sejahtera, sebagai landasan terciptanya negara yang maju, tangguh, dan menjadi inspirasi bagi negara bangsa lain tentang mempersiapkan dengan sepenuh hati generasi penerusnya,” kata Gusti Ayu Bintang.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik kehadiran remaja peserta Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja di Yogyakarta yang memiliki 117 universitas dan lebih dari 330 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Saya harap adik-adik semua, gunakan kesempatan karena mulai malam ini kalian yang menguasai Yogyakarta. Kalian datang ke sini untuk menyatukan program yang sudah dijanjikan sebelumnya. Kalian juga hadir di sini untuk berdialog bersama teman, tidak hanya berdialog antar etnik, tapi saling mengenal, dan memiliki rasa ingin tahu tentang budaya dan tradisi dari masing-masing provinsi. Karena kita sebagai anak bangsa dari etnik yang berbeda perlu menghargai bersama, tidak ada dominasi,” kata Sri Sultan.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan anak-anak remaja harus memiliki kesibukan dan kegiatan-kegiatan yang positif agar tidak terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Ikut forum Genre. Kembangkan potensi diri, habiskan waktu muda dengan berkontribusi kepada Bangsa Indonesia. Rangkul teman-teman yang lain untuk mewujudkan remaja indonesia yang sehat, cerdas dan ceria,” kata Ganjar.

Kegiatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja merupakan acara rutin untuk mempertemukan remaja usia 16-22 tahun. Kegiatan ini digelar sejak 2010 sebagai wujud komitmen BKKBN dan Genre untuk meningkatkan kualitas remaja Indonesia melalui kegiatan pemberdayaan dan pemilihan Duta Genre setiap tahunnya. I Kadek Marssel Bagia Sedana dari Provinsi Bali dan Novera Mawaddah Khairani dari Provinsi Riau terpilih menjadi juara pertama Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia tahun 2022 kategori putra dan putri.

Tahun 2022 ini, kegiatannya diperluas yakni dengan adanya peluncuran Duta Genre di setiap desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Supaya cakupannya lebih luas dan selaras dengan program pembangunan Presiden Joko Widodo yakni membangun dari desa-desa.

Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja ditujukan untuk memupuk rasa kebersamaan, memupuk semangat para remaja, serta sebagai wadah pertukaran informasi dan pengalaman tentang implementasi program Genre dan juga salah satu media pengembangan kapasitas bagi remaja.

Dengan adanya Duta Genre maka sosialisasi dan promosi program Genre akan lebih efektif karena komunikasi yang lebih terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja. Duta Genre akan memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program Genre. Semoga dengan berbagai penghargaan tersebut, GenRe Jawa Barat semakin menguat dan menggema, berkiprah nyata bagi 14 juta remaja di Jawa Barat. (AHS/TWD).

<

Berita Terkait

Ketupat Makanan Khas Di Indonesia saat Lebaran, berikut Makna ketupat Lebaran dan cara membuatnya
Dai-Daiyah Muda NU Trenggalek Antusias Ikuti Literasi Digital LD PBNU
Tidak Sanggup Ibadah yang berat ? berikut 5 Amalan Ringan Bulan Ramadhan yang Berpahala Sangat Besar
Bekap Vietnam 3-0, Level Timnas Naik setingkat Asia dan bersiap menuju World cup 2026
Tips Membuat Ebatan, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Dicicipi Saat Berbuka Puasa
Puasa dibulan Ramadhan Lemas? Ini Tips Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa
Fajar Supriadi Gojlok 5957 Kader dan Penyuluh KB dari 627 Kecamatan se-Jawa Barat tentang Pengisian KKA
Usung Green Ramadhan, Zona Madina Dompet Dhuafa Ajak UMKM dan Masyarakat Pilah Sampah Melalui Pasar Berdaya Ramadhan al-Madinah
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:56

Ketupat Makanan Khas Di Indonesia saat Lebaran, berikut Makna ketupat Lebaran dan cara membuatnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:52

Dai-Daiyah Muda NU Trenggalek Antusias Ikuti Literasi Digital LD PBNU

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:46

Tidak Sanggup Ibadah yang berat ? berikut 5 Amalan Ringan Bulan Ramadhan yang Berpahala Sangat Besar

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:15

Bekap Vietnam 3-0, Level Timnas Naik setingkat Asia dan bersiap menuju World cup 2026

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:12

Tips Membuat Ebatan, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Dicicipi Saat Berbuka Puasa

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:18

Fajar Supriadi Gojlok 5957 Kader dan Penyuluh KB dari 627 Kecamatan se-Jawa Barat tentang Pengisian KKA

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:05

Usung Green Ramadhan, Zona Madina Dompet Dhuafa Ajak UMKM dan Masyarakat Pilah Sampah Melalui Pasar Berdaya Ramadhan al-Madinah

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:33

Masuki Edisi ke 4, Komisi X LD PBNU gelar Literasi Digital Guna Rajut Ukhuwah di Era Digital

Berita Terbaru