oleh

Harga Daging Ayam Akan Semakin Naik Terus Menjelang Ramadan Hingga Lebaran

SiaranDepok.com – Harga daging ayam di Kota Depok mulai merangkak naik menjelang bulan suci Ramadan. Kenaikan harga daging ayam ini memang sudah jadi tradisi tiap tahunnya dan akan semakin naik hingga menjelang lebaran.

Menurut para pedagang, selain karena menuju bulan suci Ramadan, pemicu utama kondisi ini adalah kenaikan harga dari pemasok ayam. Para pedagang juga tidak tahu pasti penyebab kenaikan harga tersebut karena pasokan ayam selama ini masih lancer dan tidak ada kelangkaan. Kenaikan harga daging ayam ini diprediksi kemungkinan akan terus terjadi hingga bulan suci Ramadan nanti atau bahkan menjelang hari raya Idul Fitri.

Harga daging ayam mulai naik Rp1.500 – Rp2.000 per kilogramnya dalam sepekan terakhir hingga menjadi Rp35.000 – Rp45.000 per kilogramnya atau per ekornya. Selain ayam potong, harga ceker, ati, usus ayam, kepala, juga ikut naik.

“Untuk saat ini penjualan daging ayam semakin menurun. Biasanya dulu sehari bisa kejual 80-100 ekor, untuk sekarang paling banyak 60-65 ekor, itupun jualan dari pagi buta sampe siang hari, yang penting selalu bersyukur tetap ada keuntungan buat makan sehari-hari dan kebutuhan anak-anak terpenuhi,” ujar salah satu pedagang ayam di pasar Cisalak, Kamis (24/03/2022).

Oleh karena itu para pedagang mengurangi penjualan yang awalnya mencapai 100 ekor namun sekarang turun menjadi 60 ekor karena harga dari pemasok ayamnya sudah tinggi. Harga ayam hidup dari pemasok ayam mencapai Rp.32.000 per ekornya.

Akibat dari kenaikan harga yang semakin tinggi, para pedagang mengeluhkan berkurangnya keuntungan akibat kenaikan harga ini. Jika para pedagang mengambil keuntungan seperti biasa, masyarakat akan mengeluh dengan kenaikan yang drastis dan daya beli pun semakin menurun, oleh sebab itu para pedagang lebih memilih tetap mengambil sedikit keuntungan supaya kebutuhan hidup mereka sehari-hari tetap terpenuhi.

Para pedagang maupun pembeli berharap pihak terkait turun tangan untuk mengatasi lonjakan harga daging ayam agar harga segera stabil sehingga daya beli masyarakat kembali kuat.

(Arif Rahman Hakim)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru