oleh

Dukung Pelaksanaan Merdeka Belajar, SMAN 3 Cibinong Galakkan Program Literasi

Siarandepok.com – Menurut survei, tingkat literasi masyarakat Indonesia berada pada urutan ke-60 dari 61 negara yang disurvei. Fakta ini tentu sangat memprihatinkan, karena mencerminkan rendahnya pengetahuan orang Indonesia.

Maka tidak heran jika masyarakat Indonesia sangat mudah terhasut oleh isu-isu bohong, karena tidak mampu membedakan mana berita yang masuk akal dan mana yang tidak.

Oleh karena prihatin dengan rendahnya tingkat literasi masyarakat itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menjadikan kegiatan literasi sebagai salah satu program utama dalam Merdeka Belajar. Dengan meningkatnya tingkat literasi, diharapkan kualitas masyarakat Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara maju seperti Jepang atau Singapura.

Dalam rangka pelaksanaan Merdeka Belajar, SMA N 3 Cibinong sedang menggalakan program literasi bagi siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan tingkat literasi siswa semakin meningkat, sehingga berkontribusi positif bagi kesuksesan mereka di masa depan.

“Sekolah sedang menggalakkan program literasi, dengan target akan melahirkan produk berupa bulletin atau mading,” ujar Ibu Dwi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Lebih lanjut dia menuturkan, program literasi ini akan dilaksanakan secara serius, dengan menunjuk guru khusus sebagai pembinanya. Selain itu, sekolah juga berencana menggandeng salah satu media online untuk memberikan pelatihan jurnalistik kepada siswa.

“Setelah pelatihan kita harapkan siswa memiliki kemampua menulis, dan akan kita salurkan melalui mading atau bulletin,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Siarandepok.com dan Edisi.co.id, Rohmat Rospari yang dihubungi secara terpisah menyatakan siap memberikan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMA N 3 Cibinong.

“Kami akan bekerja sama dengan Bapak Khairunnas sebagai salah satu penulis senior dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Bahkan kami juga siap memuat tulisan dari para siswa di media yang kami kelola,” ujarnya./Naz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru