oleh

Inilah 7 Jenis Tumbuhan yang Akarnya Bisa Dimakan

Siarandepok.com– Berbagai jenis tumbuhan tentunya bisa menjadi sumber makanan bagi manusia. Tak hanya buah dan daunnya, ternyata akarnya pun juga bisa dimakan.

Dilansir dari Healthline, berikut merupakan jenis-jenis tumbuhan yang akarnya bisa dimakan.

1. Bawang bombai

Bawang bombai sebenarnya adalah akar tanaman. Bawang bombai sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain rasanya yang enak, tumbuhan ini juga mengandung vitamin C dan kaya antioksidan.

2. Ubi madu

Ubi madu dikenal juga dengan nama ubi Cilembu. Rasanya yang manis dan kaya serat membuat banyak orang menyukainya untuk dimakan.

Ubi mengandung vitamin C dan A, mangan, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi ubi madu bisa membantu menjaga gula darah pada orang dengan diabetes.

Beberapa fungsi lainnya yang telah terbukti secara ilmiah antara lain meningkatkan imunitas, mencegah kerusakan mata, dan menjaga kesehatan kulit.

3. Jahe

Jahe adalah salah satu tumbuhan yang akarnya bisa dimakan. Jahe sering digunakan dalam masakan. Namun, khasiat utamanya adalah untuk obat tradisional berbagai penyakit.

Jahe memiliki efek antiinflamasi yang mampu meredakan nyeri saat menstruasi dan nyeri pada pasien osteoarthritis.

Selain itu, jahe juga berkhasiat mengatasi mual, kembung, dan berbagai penyakit saluran pencernaan.

4. Bit

Bit adalah salah satu akar tanaman yang mengandung nutrisi paling tinggi. Bit kaya akan serat, folat, dan mangan.

Bit juga mengandung nitrat yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Bit bisa dikonsumsi dengan di jus, dipanggang, atau dikukus.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Bawang putih mengandung mangan, vitamin B6 dan C.

Selain itu, tanaman ini terbukti memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan bisa menurunkan kolesterol.

6. Lobak

Lobak merupakan makanan yang baik untuk orang yang sedang diet. Lobak mengandung serat tinggi namun hanya sedikit mengandung karbohidrat.

7. Wortel

Wortel adalah akar tumbuhan yang paling terkenal bisa dimakan. Wortel mengandung antioksidan, vitamin A dan K. Antioksidan yang terkandung di dalam wortel dipercaya mampu mencegah berbagai jenis kanker.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru