10 Topik Properti Paling Diminati Orang Indonesia

- Reporter

Senin, 30 Agustus 2021 - 14:06

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com| Jakarta– Sebagai startup teknologi properti, Pinhome turut menghadirkan komunitas Property Academy untuk memberikan edukasi seputar properti kepada masyarakat. Hingga saat ini, Property Academy telah menggelar lebih dari 30 webinar kelas properti dengan mengangkat topik menarik dari berbagai narasumber.

Berdasarkan data dari tim Property Academy by Pinhome, sedikitnya ada sepuluh topik properti yang paling diminati oleh orang Indonesia. Metodologi yang digunakan mengacu pada kehadiran peserta di kelas Property Academy, diurutkan dari topik terbanyak ke topik paling sedikit, kemudian diambil sepuluh besar teratas. Selain itu, Pinhome juga mengurutkan jumlahnya berdasarkan persen.

Berikut urutan sepuluh besar topik properti paling diminati orang Indonesia:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Topik pertama yang meraih persentase paling tinggi dan sekaligus paling diminati orang Indonesia adalah “Properti Mewah Dibanderol Murah Beli Nggak, Ya?” Kelas ini dihadiri sebanyak 15 persen dari total anggota Property Academy di seluruh Indonesia.
Selanjutnya, masih dengan persentase yang sama yaitu 15 persen. Topik yang dibahas yakni “Nikah Udah. Punya Rumah Kapan?” Kelas ini menarik banyak simpati dari para pasangan muda yang berencana untuk membeli rumah setelah menikah.
Di peringkat selanjutnya ada topik yang membahas investasi bertajuk “Wake Up Millennial! Melek Investasi Properti, Yuk!” Topik ini berhasil mencuri perhatian 14 persen dari total anggota Property Academy.
Selanjutnya, ada topik “Mengelola Keuangan di Usia 20-an” yang dihadiri oleh 13 persen peserta dari total anggota Property Academy.
Di bawah topik mengelola keuangan, ada topik “Sewa atau Cicil Rumah. Lebih Baik Mana?” Topik ini berhasil menggaet 11 persen peserta dari total anggota Property Academy.
Lalu ada topik “Bangun Rumah dari Nol: Siapa Takut?”, topik ini meraih minat 9 persen peserta komunitas Property Academy by Pinhome.
Selanjutnya, ada topik “Tren Desain Interior di Masa Pandemi dan juga Nyaman di Rumah dengan Gaya Hidup Berkelanjutan” yang mendapat minat 7 persen dari total anggota komunitas.
Terakhir, sebanyak 6 persen anggota komunitas berminat pada topik “Inspirasi Interior Ala Jepang untuk Apartemen di Tengah Kota dan Rumahmu Istanamu: Lingkungan Berseri Furnitur Terawat”.

Demografi anggota Komunitas Property Academy by Pinhome

Berdasarkan pengalaman membeli properti, anggota komunitas Property Academy terbagi menjadi dua; Pertama, 51,1 persen anggota belum memiliki properti. Sementara 48,9 persen anggota sudah memiliki properti.

Selanjutnya, apabila anggota komunitas dikelompokkan berdasarkan intensi atau minat membeli properti, diperoleh hasil berikut: Sebanyak 8,5 persen anggota sedang dalam tahap menyelesaikan transaksi properti, sementara 21,3 persen lainnya sedang aktif mencari properti.

Kemudian 23,4 persen anggota komunitas tidak memiliki rencana membeli atau menyewa properti. Terakhir, 42,6 persen anggota komunitas memiliki rencana untuk membeli atau menyewa properti dalam waktu dekat.

Persebaran anggota Komunitas Property Academy by Pinhome di Indonesia

Anggota Komunitas Property Academy meliputi masyarakat dari berbagai kota. Bogor, DKI Jakarta, dan Bekasi menjadi tiga kota dengan jumlah anggota komunitas terbanyak.

Selain itu, hasil riset juga menemukan bahwa ada tiga kategori individu yang sedang mencari properti.

Pertama, kategori pre-discovery, yaitu individu dengan rentang usia 17-25 tahun. Kelompok ini mengikuti kelas properti Pinhome dengan tujuan untuk memahami dan mempelajari properti hingga budget yang harus dipersiapkan sebelum membeli hunian.

Kedua yakni discovery, kelompok ini merupakan individu di usia 26-30 tahun. Tujuan mengikuti kelas properti adalah untuk lebih memahami tipe hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan menambah pengetahuan dalam bertransaksi properti.

Terakhir yakni post-discovery. Individu dalam kategori ini berada di rentang usia 31-40 tahun dengan tujuan untuk lebih memahami proses legalitas dalam membeli properti. Selain itu, golongan ini juga berniat untuk mengetahui perihal dekorasi rumah.

Metodologi

Penjelasan dan infografis terlampir dihasilkan dengan cara mengumpulkan data melalui survei langsung. Survei tersebut ditujukan kepada anggota Komunitas Property Academy by Pinhome. Untuk sepuluh topik properti paling diminati orang Indonesia, Pinhome mengumpulkan data dari tingkat kehadiran paling tinggi di kelas properti.

Kemudian dari total keseluruhan kelas properti, Pinhome mengambil sepuluh kelas dengan jumlah kehadiran terbanyak. Sementara untuk demografi anggota, Pinhome melakukan survei langsung dengan membagikan kuesioner kepada peserta yang hadir.

Sebagai informasi, Pinhome lewat program Property Academy rutin menggelar kelas webinar yang membawa tema seputar Property, Finance & Lifestyle dengan menghadirkan property expert dan pembicara-pembicara berkompeten di bidangnya.

Selain webinar rutin, Property Academy juga menyediakan komunitas di mana anggotanya dapat berdiskusi dan berkonsultasi langsung dengan property expert Pinhome. Untuk informasi lebih lanjut, silakan bergabung di Telegram Komunitas Property Academy: https://t.me/pinhomeacademygroup atau kunjungi https://click.pinhome.id/GabungPropertyAcademy.

<

Berita Terkait

Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng
Ini dia rekor sejarah sepakbola dunia yang ditorehkan lamine yamal, Salah satunya pemain Termuda Dunia 
Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 
DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023
Seminar Online Primago 2024“Bagaimana Peran Orang Tua  Dalam Memondokkan Anaknya Di Pesantren
Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler
1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online
Peringati World Population Day, Fazar Ingatkan Peluang Sekaligus Tantangan Kependudukan Di Jawa Barat

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:02

Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:52

Ini dia rekor sejarah sepakbola dunia yang ditorehkan lamine yamal, Salah satunya pemain Termuda Dunia 

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:06

Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:59

DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Senin, 15 Juli 2024 - 11:10

Seminar Online Primago 2024“Bagaimana Peran Orang Tua  Dalam Memondokkan Anaknya Di Pesantren

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:59

Peringati World Population Day, Fazar Ingatkan Peluang Sekaligus Tantangan Kependudukan Di Jawa Barat

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:58

Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Berita Terbaru