oleh

Menggoreng Tanpa Minyak, Bisakah?

Siarandepok.com – Menggoreng pada umumnya menggunakan minyak. Namun, di satu sisi lain penggunaan minyak menjadi pertimbangan karena faktor kesehatan. Sebagian orang berusaha mengurangi konsumsi minyak dengan merebus atau mengkukus makanan yang akan dikonsumsi. Sementara itu, ada beberapa makanan yang kurang cocok jika melalui proses merebus atau mengkukus. Penggunaan air fryer kini menjadi solusi untuk menggoreng tanpa minyak.

Air fryer merupakan alat memasak yang digunakan untuk menggoreng tanpa menggunakan minyak. Dengan kata lain, makanan yang menggunakan air fryer akan terasa sama dengan makanan yang digoreng dengan minyak. Berikut ini beberapa manfaat menggoreng menggunakan air fryer.

1. Menurunkan kandungan lemak pada makanan

Memasak dengan air fryer menggunakan minyak yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mengoreng seperti pada umumnya. Bahkan, bisa menggoreng tanpa minyak dan tetap menghasilkan makanan yang lezat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi makanan dengan minyak terkadang menjadi penghambat dalam menurunkan berat badan. Tingginya lemak dan kalori pada penggunaan minyak menjadi salah satu penyebab. Oleh karena itu, penggunaan air fryer bisa membantu mengurangi konsumsi minyak pada makanan atau bahkan sama sekali tidak menggunakan minyak.

3. Menurunkan risiko penyakit tertentu

Air fryer dapat membantu mencegah penyakit yang dihasilkan karena konsumsi makanan yang digoreng. Dalam hal ini, makanan yang diproses dengan minyak membuat asupan lemak ke dalam tubuh menjadi tinggi.

4. Membuat makanan menjadi lebih renyah

Penggunaan air fryer tidak kalah menghasilkan makanan yang renyah. Bahkan, sayuran yang digoreng dengan air fryer akan jauh lebih lezat dan renyah.

5. Mengurangi risiko terkena cipratan minyak

Cara kerja air fryer yang tertutup mengurangi risiko terjadinya cipratan minyak atau tumpah. Oleh karena itu, air fryer cukup aman digunakan untuk menggoreng.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan air fryer. Meskipun konsumsi minyak pada tubuh berkurang, tetapi tetap harus memilih bahan makanan yang sehat dan rutin berolahraga.

Penulis: SFP
Foto: Kamaji Ogino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru