Sumut Pasok Buah dan Rempah Segar ke Malaysia

- Reporter

Minggu, 4 Agustus 2019 - 11:32

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com – Enam kabupaten di wilayah Sumatera Utara masing-masing Kabupaten Batu Bara,Kabupaten Batu Bara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhan Batu Utara, Labuan Batu Induk dan Labuan Batu Selatan yang menjadi pemasok buah dan rempah segar untuk negeri jiran, Malaysia. Pada hari ini, Sabtu (3/8) sebanyak24 ton pisang, 7 ton Ubi Jalar, 4 ton Jahe, 10 ton Kunyit, Salak dan Alpukat sebanyak 1,2 ton Salak dan Alpukat dilepas ekspor melalui Pelabuhan Kuala Tanjung, Batu Bara, Sabtu (3/8).

“Apresiasi yang tinggi kita berikan kepada petani buah dan rempah yang telah mampu melakukan budi daya yang baik, sehingga tidak saja untuk kebutuhan sendiri tapi bisa diekspor,”kata Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) saat menyerahkan sertifikat kesehatan tumbuhan atau PC sebagai persyaratan masuk ke Malaysia.

Menurut Jamil, sinergisitas yang telah terbangun dengan baik antara jajaran instansi vertikal dan dinas terkait dipemerintah daerah hendaknya dapat dimanfaatkan oleh petani dan pelaku usaha dibidang agribisnis dalam meningkatkan produktifitas pertanian di Sumatera Utara. Memiliki lahan yang subur dan sentra pertanian yang telah terpetakan dengan baik menjadikan wilayah ini memiliki potensi produk pertanian berorientasi ekspor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jangan hanya negara Malaysia yang dekat, harus tambah negara tujuannya dan juga jangan lupa, sebaiknya kita olah dulu, minimal jadi barang setengah jadi, supaya margin keuntungannya bertambah,” tambahnya.

Kehadiran industri pengolahan bagi buah dan rempah segar ini diharapkan kedepan dapat sejalan dengan industri olahan kelapa sawit yang telah tumbuh dan berkembang diwilayah ini. Dari total nilai ekonomi Rp. 76,52 miliar komoditas pertanian yang dilepas hari ini diantaranya adalah produk olahan kelapa sawit. Jamil memaparkan sebanyak 294 ton biji pinang dengan tujuan Nepal dan sawit serta olahannya sebanyak 9.283 ton atau senilai Rp. 70.67 miliar masing-masing dalam bentuk RDB Coconut Oil, RDB Palm Olein, RDB Palm Oil, RDB Palm Kernel Oil dan RDB Palm Stearin juga turut dilepas ekspor kali ini.

Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan, Bukhari menyebutkan bahwa berdasarkan data sistem perkarantinaan, IQFAST ( _Indonesian Quarantine Full Automation System_), diwilayah kerjanya, diluar sawit dan produknya yang diekspor pada tahun 2018 tercatat 774,4 ton dengan nilai kurang lebih Rp. 12,1 miliar dengan jenis komoditas ekspor diantaranya buah Pisang, Alpukat, Markisa, Salak, Ubi Jalar, Jahe, Kunyit, Jeruk Nipis, Kentang, Kecombrang dengan tujuan Malaysia. Sedangkan hinggal Juli 2019, jumlah ekspor komoditas pertanian selain sawit dan olahannya meningkat hingga 291,89% atau mencapai 3.034,8 ton dengan perkiraan nilai Rp. 32,02 miliar. Bertumbuh hampir 3 kali lipat, permintaan bertambah diiringi dengan hasil produk sayur dan buah yang meningkat dan berkualitas, ungkapnya.

Sumber data lain dari Pelindo I Cabang Tanjung Balai Asahan yang dikutip dari Bisnis.com pada Februari 2019, menyebutkan bahwa pada tahun 2018, ekspor ke Malaysia mencapai 77.190 meter kubik (m3) yaitu terdiri dari komoditas pisang menyumbang paling besar terhadap volume ekspor, yakni 20%, disusul buah lainnya 4%, ikan segar 16%, ubi 14%, sayuran 12%, jahe 5%, rempah lainnya 12%, terasi 2%, dan barang lain-lain 13%, tambah Bukhari.

Sebagai unit kerja fasilitator perdagangan komoditas pertanian, Karantina Tanjung Balai Asahan melakukan sertifikasi pada setiap komoditas yang akan diekspor tersebut dengan memastikan komoditas bebas hama dan penyakit serta sesuai persyaratan sanitary dan phytosanitary (SPS) dari negara tujuan. “Intinya jangan sampai ada penolakan oleh otoritas karantina di negara tujuan, kita pastikan aman,” jelasnya.

Bupati Kabupaten Batu Bara, Zahir yang hadir dan juga turut melepas ekspor mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Ia pun berjanji akan mendukungnya dengan melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan karantina Tanjung Balai Asahan guna meningkatkan eksportasi komoditas pertanian, utamanya selain produk sawit. Industri olahan untuk komoditas perhatian akan menjadi perhatiannya, kita undang investor dari luar Sumut agar bisa bernilai tambah dan menambah kesejahteraan masyarakat, kata Bupati Zahir.

Jamil juga menyampaikan jika pemerintah daerah atau pelaku usaha dan calon eksportir membutuhkan informasi terkait komoditas dan negara potensial tujuan ekspor, maka dapat langsung menghubungi kantor karantina terdekat. Kementan melalui Barantan sudah menyiapkan aplikasi iMace ( _Indonesian Map of Agricultural Commodities Exports_) yang sebelumnya sudah diserahkan terimakan ke Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi guna pembinaan pengembangan daerah potensial komoditas ekspor. Juga menekankan pada para eksportir agar melakukan 3K yaitu dengan meningkatkan kualitas, kuantitasnya dan menjaga kontinuitasnya.

Sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian untuk meningkatkan ekspor komoditas pertanian, Barantan juga telah menggagas program Agro Gemilang. Program berupa bimbingan teknis pemenuhan persyaratan kesehatan hewan dna tumbuhan, ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya para eksportir dari kalangan milenial.”Kuasai hulunya, kembangkan tengahnya dan bangun hilirnya. Bersama kita songsong Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045,” tandas Jamil.

<

Berita Terkait

Gabungan Koalisi Parpol segera Deklarasikan Koalisi SS untuk Calon Walikota Depok 2024
SMK ARRAHMAN DEPOK ADAKAN STUDI TOUR KE YOGYAKARTA BERSAMA DIRGANTARA AIA TOUR TRAVEL
PKBM PRIMAGO INDONESIA, PARTISIPASI MERIAHKAN SEMARAK HARDIKNAS KOTA DEPOK
MTS Arrahmaniyah Depok Adakan Studi Tour ke Yogyakarta Bersama Dirgantara AIA Tour Travel
KUA Kecamatan Cipayung dan Kanit Bintibsos Polres Metro Depok Sosialisasikan UU PKDRT
Telah di Buka Program Beasiswa Pendidikan Laskar Langit Primago Untuk Anak Yatim Indonesia
Gathering Keluarga Besar Arrahman Islamic School 2024 Bersama Dirgantara AIA Tour Travel
Sebanyak 44 Santriwati Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah PRIMAGO Depok Lulus 100 Persen Menjadi Santriwati Gontor Putri 2024

Berita Terkait

Minggu, 5 Mei 2024 - 13:43

Gabungan Koalisi Parpol segera Deklarasikan Koalisi SS untuk Calon Walikota Depok 2024

Minggu, 5 Mei 2024 - 13:16

SMK ARRAHMAN DEPOK ADAKAN STUDI TOUR KE YOGYAKARTA BERSAMA DIRGANTARA AIA TOUR TRAVEL

Sabtu, 4 Mei 2024 - 10:23

PKBM PRIMAGO INDONESIA, PARTISIPASI MERIAHKAN SEMARAK HARDIKNAS KOTA DEPOK

Jumat, 3 Mei 2024 - 17:41

Lulusan PKBM Primago Indonesia Berhasil Lulus Tes Ujian Masuk Gontor: Menembus Batas dengan Pendidikan Non-formal

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:54

MTS Arrahmaniyah Depok Adakan Studi Tour ke Yogyakarta Bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Rabu, 1 Mei 2024 - 11:06

Telah di Buka Program Beasiswa Pendidikan Laskar Langit Primago Untuk Anak Yatim Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 11:22

Gathering Keluarga Besar Arrahman Islamic School 2024 Bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Senin, 29 April 2024 - 10:13

Sebanyak 44 Santriwati Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah PRIMAGO Depok Lulus 100 Persen Menjadi Santriwati Gontor Putri 2024

Berita Terbaru