oleh

Setelah PJU, Dishub Depok Akan Pasang SLS

Siarandepok.com – Setelah memasang PJU atau Penerangan Jalan Umum, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok kembali memasang SLS atau  Smart Lighting System di sejumlah titik di Kota Depok. Guna SLS ini dipasang adalah untuk memantau PJU dari jarak jauh.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana, mengatakan pihaknya kini telah mengembangkan SLS di Jalan Margonda, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Juanda dan sebagian Jalan Tole Iskandar.

“PJU Smart System merupakan penerapan dari IoT atau Internet of Things. IoT itu sebuah konsep di mana internet dapat dihubungan ke benda-benda, dan dapat dikontrol dengan perangkat nirkabel,” ujar Dadang, Selasa (19/3).

Menurutnya, sampai 2018 Dishub Kota Depok telah memasang SLS di 350 titik. Sedangan untuk 2019, pihaknya akan memasang SLS di 116 titik.

“SLS ini sebenarnya memudahkan dalam menyalakan dan mematikan PJU melalui kendali komputer atau smartphone. Lebih efisien dibandingkan dengan cara manual. Jika ada kerusakan akan ada notifikasi dengan cepat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan notifikasi yang muncul petugas lapangan akan lebih cepat datang melakukan perbaikan. Dengan begitu, tujuan untuk menerangi jalan dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas maupun mencegah aksi kriminalitas dapat terlaksana.

“SLS ini dapat memberitahukan di mana lokasi PJU yang padam, jenis lampunya, serta nomor tokennya. Jika lampu sudah diperbaiki, akan muncul pula notifikasi lampu sudah dapat berfungsi seperti sediakala,” pungkas Dadang.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru