oleh

Cara Membuat Batagor Khas Bandung yang Gurih dan Enak

Siarandepok.com – Bandung merupakan kotanya wisata kuliner. Hal yang paling dicari di kota ini adalah makanannya yang khas dan beragam. Seperti misalnya Peyeum Bandung, Seblak, Batagor, juga Surabi. Semua makanan itu patut kamu coba dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Mungkin susah  kalau tiba-tiba kangen makanan Bandung tapi belum ada kesempatan untuk pergi ke sana. Anda pun harus tahu tempat mana yang enak dan hits di sana.

Dari pada repot-repot, lebih baik kamu buat sendiri saja di rumah. Kalau bikin peyeum Bandung kamu akan terlalu lama menunggu proses fermentasinya. Di sisi lain, untuk memasak surabi diperlukan cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat. Nah, yang paling mudah adalah membuat batagor. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Cepat dan tidak repot untuk membuatnya.

Mengenal Batagor

Sebelum lebih lanjut ke cara pembuatannya, sebaiknya kita mengenalnya lebih jauh dulu. Batagor berasal dari kata bakso tahu goreng. Bahan dasar baksonya dari ikan tenggiri yang dibungkus dengan kulit pangsit. Ada juga yang yang dimasukkan ke dalam tahu putih, kemudian digoreng hingga renyah. Jadi diberilah nama bakso tahu goreng yang disingkat Batagor. Ngomong-ngomong, di Palembang ikan tenggriri juga bisa dijadikan krupuk ikan tenggiri yang enak lho.

Biasanya setelah matang, batagor disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan lezat sebagai pelengkap. Ada juga yang disajikan dengan kuah bakso. Bila dinikmati dengan saus, kecap, dan sambalnya, batagor pun terasa semakin sedap.

Karena sudah sangat popular, masayarakat mulai membuat berbagai variasi dari olahan yang satu ini. Namun, sebelum membahas varian batagor lain, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu resep batagor yang original. Berikut ini adalah resepnya.

Bahan-Bahan:

  • Ikan tenggiri (fillet dan giling) atau udang (kupas) 200 gram
  • Tahu Putih 5 buah
  • Kulit pangsit 5 buah
  • Daun bawang (iris) 3 batang
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Tepung sagu 100 gram
  • Tepung terigu 20 gram
  • Air es 150 ml
  • Telur 2 butir

Cara Membuat:

Langkah pertama, kukus tahu hingga setengah matang dan belah-belah bagian tengah tahu putih agar bisa diberi isian adonan. Kedua, campurkan ikan tenggiri fiilet dengan daun bawang, garam, merica, dan gula pasir. Ketiga, masukkan telur serta air es lalu aduk hingga rata. Untuk memudahkan kamu dalam mencampur bahan, anda bisa menggunakan universal fritter yang mudah untuk digunakan.

Langkah ke empat, campurkan tepung sagu dan tepung terigu kemudian tambahkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk lagi sampai rata.

Tekstur adonan bakso tidak seperti bakso dari daging sapi yang sedikit kalis. Melainkan adonan akan bertekstur kental. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah minyak panas masukkan adonan sebanyak 2 sendok makan ke dalam tahu lalu goreng hingga berwana kecoklatan.

Kemudian masukkan juga adonan bakso di atas kulit pangsit. Lipat kulit pangsit tersebut hingga berbentuk seperti kembang. Goreng hingga renyah. Batagor pun siap disajikan, baik dengan bumbu kering (bumbu kacang) maupun dengan kuah bakso yang gurih dan lezat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru