Kadin Indonesia Urai Masalahan Permodalan UMKM Sumut

- Reporter

Selasa, 24 Juli 2018 - 12:57

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kadin Indinesia Tedi Aliudin (dua dari kanan).

Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kadin Indinesia Tedi Aliudin (dua dari kanan).

SUMUT – Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia R.M. Tedy Aliudin melakukan kunjungan ke pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara. Dalam Kunjungan ini R.M. Tedy Aliudin didampingan perwakilan Kadin Sumatera Utara Sukardi dan Barik. Kunjungan dengan melakukan pertemuan pelaku UMKM di Sumatera Utara dilakukan di sebuah Restoran di Kota Medan pada Senin (16/07/2018).

Hadir dalam pertemuan ini antara lain Kelompok UMKM petambak Ikan Patin, Perkebunan Sirih, Peternakan Sapi, Peternakan Ayam, Peternakan bebek, Petani Padi, dan masih banyak lainnya. Dalam kesempatan tersebut para pelaku UMKM menyampaikan keluhan seputar sulitnya mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

“Selama ini para pelaku UMKM masih banyak terjerat oleh pembiayaan pihak ketiga (rentenir) yang cukup merugikan pelaku UMKM, namun karena kondisi yang terpaksa, harus dilakukan,” kata Tedy Aliudin atau akrab disapa Raden Tedi setelah pertemuan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Raden Tedy juga menyampaikan bahwa pada dasarnya perbankan memiliki skim pembiayaan yang dikhususkan untuk pelaku UMKM, selain Produk Kredit Usaha Rakyat, dengan tingkat suku bunga yang sangat ringan. dimana saat ini hanya 7% pertahun, juga masih banyak skim pembiayaan lainnya dari perbankan.

“Namun kendala selama ini pelaku UMKM tidak tertib administrsi terutama tertib keuangan. Seharusnya setiap transkasi keuangan sudah melalui Bank, agar terlihat aktifitas usaha, yang menjadi suatu penilaian positif bagi perbankan,” ujar Raden Tedi.

Pertemuan dengan pelaku UMKM, dikatakan Raden Tedi, banyak membahas tentang  peningkatkan produktifitas UMKM Sumatera Utara kearah yang lebih baik. Ia mengatakan, peran Kadin Indonesia sangat dinanti oleh pelau UMKM Sumatra Utara.

“Peran Kadin Indonesia sangat diharapkan oleh pelaku UMKM dapat membantu lebih banyak dan berkelanjutan, sehingga pelaku UMKM akan mendapatkan suatu perubahan yang lebih baik lagi,” ujar Raden Tedi.

Mendapat Sambutan Hangat dari Pihak BANK

Pada kesempatan terpisah, Bapak Raden Tedy didampingi oleh Perwakilan Kadin Sumatera Utara melakukan pertemuan dengan Kepala Cabang Sentra Kredit Bank BNI Faisal dan Pimpinan Wilayah Bank Mandiri Sumatera Utara. Kedua pertemuan terpisah tersebut mendapat sambutan hangat dari pihak perbankan, dimana mereka akan dengan senang hati membantu pembiayaan UMKM sepanjang layak sesuai aturan yang ada di Perbankan.

“Dan bahkan Bank mandiri menyatakan bahwa dengan adanya Kadin Indonesia, akan lebih membantu didalam penyaluran pembiayaan kredit Mikro dan KUR kepada pelaku UMKM baik di Sumatera Utara maupun Aceh yang menjadi wilayah kerja mereka,” ungkap Raden Tedi.

Baik Bank BNI maupun Bank Mandiri di Sumatera Utara, menurut Raden Tedi, berharap selain melakukan pembiayaan perorangan pelaku UMKM dalam binaan Kadin Indonesia, juga dilakukan Kerjasama antara Kadin Indonesia dengan perbankan di tingkat Pusat, agar pelaksanaan pembiayaan didaerah lebih memiliki panduan yang baik.

“Kami (Kadin Indonesia) berharap perbankan dapat membantu secara optimal salah satu kelemahan pelaku UMKM dari sisi permodalan. Dengan memberikan suatu skala prioritas pada pelaku UMKM, dengan tetap sesuai aturan perbankan yang ada. Juga diharapkan secara nasional Ratio Kredit kepada UMKM minimal dapat tercapai 20% sesuai aturan Bank Indonesia nomor 17/12/PBI/2015,” pungkasnya.

<

Berita Terkait

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna Tuk Peringati HUT Depok Ke-25
Cak Imin Ungkap PKB Ingin Terus Menjalin Kerjasama dengan Gerindra
Supian Suri Diprediksi Menang Dalam Pilkada 2024 Karena Bakal Diusung Koalisi Parpol Besar
KUA Cipayung Kota Depok Gelar Tadarus Bareng Ibu-Ibu Majlis Ta’lim
Angkutan Lebaran 2024 Masih Cukup Tersedia, KAI Daop 1 Jakarta Tambah 344 Perjalanan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen
Rumah Hijabers | Supplier Baju Muslim & Muslimah Anak & Dewasa di Kota Depok
5 Menu Yang Biasa Nabi Muhammad Makan Untuk Sahur Dan Berbuka Puasa
Kue Kering Lebaran 2024 Cookies Bomboloni, Belum Ada Yang Bikin

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:02

Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:52

Ini dia rekor sejarah sepakbola dunia yang ditorehkan lamine yamal, Salah satunya pemain Termuda Dunia 

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:06

Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:59

DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Senin, 15 Juli 2024 - 11:10

Seminar Online Primago 2024“Bagaimana Peran Orang Tua  Dalam Memondokkan Anaknya Di Pesantren

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:59

Peringati World Population Day, Fazar Ingatkan Peluang Sekaligus Tantangan Kependudukan Di Jawa Barat

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:58

Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Berita Terbaru