oleh

Dinkes Kota Depok Lakukan Pertemuan Lintas Program dan Lintas Sektor Guna Perkuat Pelayanan Kesehatan Bagi Catin

SiaranDepok.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, melakukan Pertemuan Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor di Hotel Savero. Pertemuan tersebut untuk sebagai penguatan implementasi pelayanan kesehatan masa sebelum hamil bagi calon pengantin.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, menyebut, upaya pelaksanaan percepatan penurunan stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI) perlu dikerjakan sejak remaja dan calon pengantin. Untuk memaksimalkan pelayanannya, membutuhkan dukungan dari lintas program dan lintas sektor.

“Kami memandang perlu adanya koordinasi dengan lintas program dan lintas sektor sehingga dilakukan pertemuan, dengan harapan semuanya mempunyai kesamaan pemahaman dan tujuan dalam memberikan pelayanan kepada remaja dan catin,” ujar Mary Liziawati.

Menurutnya, pelayanan kesehatan masa sebelum hamil merupakan serangkaian kegiatan yang diuntukan kepada perempuan sejak saat remaja hingga sebelum hamil. Pelayanan masa sebelum hamil kepada calon pengantin untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi baru lahir, serta mencegah bayi lahir dengan berat lahir rendah atau stunting.

Kemudian, tambahnya, dalam usaha peningkatan kesehatan masa sebelum hamil juga ditujukan kepada Pasangan Usia Subur (PUS). Hal tersebut dimaksudkan agar sasaran tersebut menjalankan perilaku hidup sehat, melakukan deteksi dini penyakit maupun faktor risiko yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksinya, sehingga bisa segera diintervensi.

“Diharapkan setiap pasangan dapat mempersiapkan kesehatan yang optimal dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia dan generasi yang sehat dan berkualitas,” jelasnya.

Mary menjelaskan, pelayanan kesehatan masa sebelum hamil meliputi komunikasi, informasi dan edukasi, pelayanan konseling, pelayanan skrining kesehatan, dan pemberian imunisasi. Kemudian, pemberian suplementasi gizi, pelayanan medis, serta pelayanan kesehatan lainnya, dengan memberikan penekanan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan khusus untuk setiap kelompok.

“Pelayanan kesehatan masa sebelum hamil bertujuan untuk mempersiapkan pasangan agar sehat sehingga perempuan dapat menjalankan proses kehamilan, persalinan yang sehat dan selamat, serta melahirkan bayi yang sehat,” tutupnya.

<

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru