oleh

Dorong Pengembangan UMKM, Wapres : Supaya hilang Kemiskinan Ekstrim

Siarandepok.com – Untuk menghilangkan Kemiskinan Ekstrim Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan harus mengembangkan Usaha mikro kecil, menengah (UMKM) di daerah.

Beliau menjelaskan, Pengembangan UMKM adalah salah satu pendekatan untuk menaggulangi kemiskinan ekstrim yang terjadi di Indonesia.

“Saya melihat beberapa produk UMKM, karena UMKM merupakan salah satu upaya kita untuk menghilangkan kemiskinan,” ujar Ma’ruf usai memimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah bersama Gubernur dan 5 Bupati wilayah prioritas, Kamis (7/10/2021)

Menurutnya, masih sangat bisa dikembangakan potensi UMKM di daerah prioritas penanganan kemiskinan ekstrem.

Maka dari itu, beliau menghimbau agar pemerintah daerah yang wilayahnya masuk kategori prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem harus sangat memanfaatkan potensi tersebut.

Pasalnya, beberapa produk UMKM masih banyak yang bisa di ekspor ke mancanegara.

“Saya lihat di beberapa kabupaten yang hari ini kita jadikan sasaran (penanggulangan) kemiskinan, banyak produknya sudah bagus, bahkan diekspor ke Eropa, Rusia, Timur Tengah,” kata dia

Dengan melihat potensinya, Maruf berkata harus terus dikembangkan agar kemiskinan esktrem di Indonesia dapat diatasi secara menyeluruh.

Karena hal itu, apabila potensi yang ada terus dikembangkan, Wapres meyakini dengan cara ini bisa menekan jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah sampai Nasional.

Di Jawa Tengah Sendiri, ada 5 Kabupaten yang sudah diprioritaskan penanggulangan kemiskinan ekstrem pada tahun 2021, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru