oleh

Mengantisipasi Dampak Banjir dengan Langkah-Langkah Ini

Foto: Min An/Pexels

siarandepok.com – Datangnya musim hujan diharapkan dapat menyuburkan tanaman setelah musim kemarau. Saluran air yang baik serta adanya daerah resapan air dapat menampung curah hujan yang tinggi. Namun, tidak semua wilayah memiliki saluran air dan daerah resapan air yang memadai. Hal itu, berdampak terjadinya banjir di beberapa wilayah. Berikut ini telah kami rangkum langkah-langkah yang bisa kalian lakukan dalam mengantisipasi dampak banjir di musim hujan.

  1. Merapihkan Dokumen-Dokumen Penting Dalam Satu Tempat Yang Aman

Langkah ini adalah yang terpenting, menyatukan segala dokumen-dokumen penting ke dalam satu tempat atau box agar mudah dipindahkan atau dibawa. Hal ini berguna agar dokumen kalian tidak ikut terendam banjir dan hilang.

  1. Memindahkan Furniture Yang Terbuat Dari Kain

Mengamankan furniture, seperti sofa atau kursi yang berbahan kain lainnya perlu dilakukan saat musim hujan datang. Dikarenakan furniture yang terbuat dari material kain sulit untuk dibersihkan. Sofa yang terendam cukup parah dapat menjadi sarang bakteri dan ada baiknya untuk tidak dipakai kembalil. Apabila ingin mencucinya pun perlu dibersihkan dengan betul dan menggunakan sabun yang tepat.

  1. Memindahkan Barang Elektronik Ke Tempat Tinggi

Barang-barang elektronik yang terendam banjir akan sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, sebelum datangnya musim hujan, ada baiknya kalian memindahkan barang-barang elektronik ke tempat yang kalian perkirakan tidak menyentuh air jika terjadi banjir.

  1. Melindungi Kabel-Kabel Listrik Serta Soket Yang Ada

Listrik yang menyentuh air dapat membahayakan, bahkan dapat menyetrum. Kalian bisa menutup soket yang ada di rumah dengan penutup tahan air dan mencabut kabel-kabel listrik yang terpasang.

  1. Menyiapkan Obat Darurat Dan Makanan Instan

Saat musim hujan datang, ada baiknya kalian menyiapkan obat, seperti obat influenza dan diare yang sering terjadi di musim hujan. Tidak hanya itu saja, vitamin juga perlu disediakan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Makanan instan tidak lupa pula untuk dipersiapkan karena kita tidak tahu kapan banjir akan surut dan sulitnya untuk pergi keluar mencari makan.

 

(SFP)

(DMC)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru