Borong 22 Penghargaan Harganas 2024, Jabar Sangat Digdaya

- Reporter

Senin, 1 Juli 2024 - 21:57

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com – Provinsi Jawa Barat benar-benar digdaya. Klaim ini tidak berlebihan jika melihat raihan penghargaan yang diraih pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang berlangsung selama sepekan, 24-29 Juni 2024, di Kota Semarang, Jawa Tengah. Provinsi paling jumbo di Indonesia berhasil membawa pulang 22 penghargaan atas kinerja moncer program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) dalam setengah tahun ini.

Penghargaan yang diraih meliputi penghargaan individu, kelompok, maupun apresiasi pimpinan daerah. Dari 22 penghargaan, tercatat 10 di antaranya menyabet predikat juara pertama, empat juara kedua, dan sejumlah juara ketiga serta juara harapan. Di samping itu, terdapat penghargaan khusus yang tidak diperlombakan, seperti tanda penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), Dharma Karya Kencana (DKK), dan apresiasi lebih spesifik atas kinerja pimpinan daerah.

Pada kategori individu misalnya, Jawa Barat tiga tahun berturut-turut menempatkan wakilnya dalam barisan terbaik pemilihan aparatur sipil negara (ASN) berprestasi. Tahun, ini Jawa Barat berhasil menjadi Juara 2 kategori ASN Golongan III pada Apresiasi ASN BKKBN Keren dan Berakhlak atas nama Irfan Haniful Qoyyim dan Juara Harapan 2 Kategori ASN Golongan IV atas nama Imas Rochaeni. Tak hanya itu, Jabar juga mengantarkan Atik Sari Kartika sebagai Juara 1 Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Tingkat Nasional Kategori Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kategori kelompok, Jabar berhasil menyabet predikat Terbaik I Regional 2 Lomba Apresiasi Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) atas nama BKB Seruni dari Kota Depok. Kemudian, Juara 1 BKR Mandala dari Kabupaten Subang pada Apresiasi Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan Terbaik. Ada lagi Juara 3 Kelompok KB Pria Sauyunan 1 dari Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pada kategori Kampung Keluarga Berkualitas, Jabar sukses mengantarkan KB Baktijaya dari Kota Depok sebagai Juara 1 Kategori Kota Regional 1 Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2024.

Secara khusus, pemerintah memberikan penghargaan kepada Penjabat Wali Kota Cimahi atas kinerjanya dalam penyelenggaraan Kampung KB. Penghargaan serupa juga diraih Penjabat Wali Kota Banjar. Tidak kalah menarik, booth pameran Jawa Barat didapuk menjadi yang terbaik pada Gelar Dagang UPPKA UMKM Harganas Ke-31 Tahun 2024 Tingkat Nasional.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Fazar Supriadi Sentosa mengaku bangga atas raihan Jawa Barat pada perhelatan puncak peringatan Harganas ke-31 tahun ini. Terlebih, Harganas menjadi titik awal kepemimpinannya di Jawa Barat mengingat dia ditugaskan kali pertama di Jawa Barat jelang peringatan Harganas 2023 lalu. Meski begitu, Fazar tak lantas jemawa dengan mengklaim deretan penghargaan tersebut sebagai keberhasilannya.

“Tentu sangat bangga sama teman-teman di Jawa Barat. Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk semua yang telah bekerja keras selama setahun terakhir ini. Ini keberhasilan kita semua, bukan hanya saya dan BKKBN, melainkan seluruh pengelola program Bangga Kencana di kabupaten dan kota. Terima kasih juga kepada Pak Gubernur, para bupati dan wali kota, serta seluruh mitra kerja yang telah berkolaborasi menyukseskan penyelenggaraan program Bangga Kencana di Jawa Barat,” ungkap Fazar sumringah.

Bagi Fazar, keberhasilan Jabar dalam berbagai ajang kejuaran dan apresiasi Bangga Kencana merupakan sebuah keniscayaan. Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk paling tinggi di Indonesia, Jabar tentu memiliki segudang talenta unggul. Jabar juga dikenal sebagai daerah dengan pusat pendidikan terbaik di Tanah Air.

“Deretan perguruan tinggi terbaik ada di Jawa Barat, mulai ITB, UI, Unpad, dan seterusnya ada di Jawa Barat. Ini menjadi motivasi kita agar pengelolaan Bangga Kencana di Jawa Barat juga menjadi yang terbaik di Indonesia. Saya optimistis. Kalau tahun ini 22 penghargaan, tahun depan akan lebih banyak lagi. Kita punya potensi luar biasa. Tinggal dikelola secara tepat dan optimal,” ujarnya saat ditemui di sela keseruan Harganas di Kota Semarang.

Berikut daftar penghargaan Harganas yang diraih Jawa Barat pada puncak peringatan Harganas ke-31 Tahun 2024 di Kota Semarang:

Tim Kepegawaian:

1. Juara 2 Kategori ASN Golongan III pada Apresiasi ASN BKKBN Keren dan BerAKHLAK Tingkat Nasional Tahun 2024, Irfan HQ (BKKBN Provinsi Jawa Barat)

2. Juara Harapan 2 Kategori ASN Golongan IV pada Apresiasi ASN BKKBN Keren dan BerAKHLAK Tingkat Nasional Tahun 2024, Dra. Imas Rochaeni (Penyuluh KB, Kota Bandung).

Tim Lini Lapangan:

3. Juara 1 Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Tingkat Nasional Kategori PLKB Non PNS a.n. Atik Sari Kartika, S.IP, dari Kabupaten Ciamis.

Tim Ketahanan Keluarga:

4. Terbaik I Regional 2 Lomba Apresiasi Kelompok Bina Keluarga Balita: BKB Seruni, Kota Depok

5. Juara 1 BKR Mandala, Kab. Subang. Apresiasi Bina Keluarga Remaja Percontohan Terbaik, Genre Award Tingkat Nasional Tahun 2024.

6. Juara 2 PIK R SMART Dayeuhluhur, Kab. Ciamis. Apresiasi PIK-R Percontohan Segmentasi Usia Beraksi Pada Genre Award Tingkat Nasional Tahun 2024.

Tim KB:

7. Kelompok KB Pria Sauyunan 1 (KBB), Terbaik 3

8. Momentum Pelayanan KB di tempat Kerja, Juara 1 MKJP

9. Juara 1 Kategori Umum pada Ajang Kespro Kawula Muda (AkuKaMu) Jingle Dance Creation Challenge Tingkat Nasional Tahun 2024, atas nama Aldy Lukmanul Hakim – Sumedang

Tim Dalduk:

10. Kampung KB Baktijaya, Kota Depok, Juara 1 Kategori Kota Regional 1 Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2024

11. Pj. Wali Kota Cimahi, mendapat Apresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2024 terkait penyelenggaraan Kampung KB

12. Pj. Wali Kota Banjar, mendapat Apresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2024 terkait penyelenggaraan Kampung KB

13. Rumah DataKu Desa Margajaya, Kabupaten Bandung Barat, Juara 2 Kategori Digital Apresiasi Rumah DataKu Tingkat Nasional Tahun 2024

14. Kampung KB Serumpun, Kota Bandung, Juara 1 Kategori Kader Kompetisi DASHAT Tingkat Nasional Tahun 2024

15. Ibu Desi Wulansari, Kampung KB Wargaluyu, Kabupaten Sumedang, Juara 5 Kategori KRS, Kompetisi DASHAT Tingkat Nasional Tahun 2024

16. SMAN 3 Karawang, Sekolah Siaga Kependudukan jenjang SMA terbaik III regional 1 tingkat nasional.

Tim DWP:

17. Juara 1, DWP Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Lomba Kartini Bercerita Tingkat Nasional Tahun 2024.

Tim Hubal:

18. Manggala Karya Kencana bagi TP PKK Kab. Bandung, Hj. Emma Dety Permanawati, S.Pd.I, M.M.

19. Dharma Karya Kencana, Ketua Forum GenRe Kab. Bandung, Dini Zakiyah Zaen Nursyifa

Tim Perencanaan:

20. Juara 1, Pemerintah Kota Bandung, Apresiasi Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Subbidang Keluarga Berencana Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kota Kategori Pagu Besar 2024

21. Juara 2, Jawa Barat, Apresiasi PIAWAI DAK (Pengawalan Integritas dan Akuntabilitas Wilayah Selaku Tim Pengendali DAK Tingkat Provinsi dalam Inovasi Percepatan Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus Subbidang KB dan BOKB).

Tim PEK

22. Juara 1. UPPKA Jawa Barat. Pemenang Produk dan Stand UPPKA Terbaik pada Gelar Dagang UPPKA UMKM Harganas Ke-31 Tahun 2024 Tingkat Nasional.

<

Berita Terkait

Seminar Online Primago 2024 “Peluang Beasiswa dan Jurus Jitu Masuk Unida Gontor
Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng
Ini dia rekor sejarah sepakbola dunia yang ditorehkan lamine yamal, Salah satunya pemain Termuda Dunia 
Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 
DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023
Seminar Online Primago 2024“Bagaimana Peran Orang Tua  Dalam Memondokkan Anaknya Di Pesantren
Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler
1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 12:48

Seminar Online Primago 2024 “Peluang Beasiswa dan Jurus Jitu Masuk Unida Gontor

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:02

Calon Walikota Depok Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:52

Ini dia rekor sejarah sepakbola dunia yang ditorehkan lamine yamal, Salah satunya pemain Termuda Dunia 

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:06

Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:59

DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:29

Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:59

Peringati World Population Day, Fazar Ingatkan Peluang Sekaligus Tantangan Kependudukan Di Jawa Barat

Berita Terbaru