oleh

Siswa Al-Iman Ikuti Webinar Ramadhan in ASEAN

Siarandepok.com– Selama Ramadhan, berbagai kegiatan digelar ummat Islam untuk memeriahkannya. Tidak terkecuali para pelajar. Beberapa kegiatan mereka gelar, seperti pesantren kilat, buka puasa bersama, tadarus, dan sebagainya.

Di era pandemi ini, karena keterbatasan untuk bertatap muka, pelajar menggelar kegiatan-kegiatan kreatif untuk mengurangi kebosanan selama puasa. Seperti yang diikuti oleh siswa SMP Islam Al-Iman, Bojonggede, Bogor, Gaitsa Salsabila Firdaus. Rabu, 20 April 2022, dia mengikuti webinar Ramadhan in ASEAN.

Kegiatan yang digagas oleh Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Indonesia itu, mempertemukan secara virtual para pelajar dari negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia dan Malaysia. Mereka berbincang-bincang tentang pengalaman melaksanakan puasa di daerah atau negara masing-masing. Kegiatan ini dipimpin oleh guru sebagai moderator.

Webinar Ramadhan in ASEAN ini adalah ajang untuk memupuk keberanian siswa agar berani tampil di depan umum. Selain itu juga untuk mengasah keterampilan mereka menggunakan bahasa asing. “Kami mengikutsertakan siswa dalam kegiatan ini untuk memupuk keberanian mereka menggunakan bahasa asing,” ujar Khairunnas, Wakil Ketua Yayasan Perguruan Al-Iman.

Ke depan, kegiatan-kegiatan yang mempertemukan pelajar dari negara lain ini mesti lebih sering dilakukan. Hal ini untuk memberikan wawasan kepada pelajar tentang kultur atau budaya di negara lain. “Para pelajar harus diberikan bekal dan kesadaran sebagai warga dunia. Mereka harus terbiasa dengan pergaulan manca negara,” tutur Khairunnas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru