oleh

Ini Dia Sejarah Buku

SiaranDepok.com – Buku adalah jendela ilmu yang sangat luas, membaca buku dapat membukakan pikiran kita terhadap dunia yang lebih luas, namun saat ini minat membaca buku di Indonesia masih sangat rendah, oleh Karena itu ayo kita rajin membaca buku dan jangan lupa setiap tanggal 17 mei adalah hari buku nasional.

Dari mana sih asal usul terbentuknya buku dan sejarah dari buku itu sendiri? semua bermula dari bangsa Mesir pada tahun 2400 sebelum masehi, yang memanfaatkan tumbuhan papirus untuk dijadikan selembar kertas papirus. Kertas-kertas papirus tersebut digulung untuk menjadi buku pertama di dunia.

Lalu bangsa Cina menulis di atas lidi yang diikat menjadi satu hal tersebut mempengaruhi sistem penulisan di Cina di mana huruf-huruf Cina dituliskan secara vertikal yaitu dari atas ke bawah.

Baca Juga : Ardhito Pramono Mengenal Ganja Sejak 2011 – Siaran Depok

Selain itu, orang-orang Timur Tengah Menggunakan kulit domba yang disamak dan dibentangkan. Lembar ini disebut pergamenum yang kemudian disebut perkamen atau kertas kulit. Perkamen lebih kuat dan lebih mudah dipotong dan dibuat berlipat-lipat sehingga mudah untuk disusun, inilah bentuk awal dari buku yang berjilid.

Cina berhasil menciptakan kertas pada tahun 105 masehi dari bahan dasar bambu yang ditemukan oleh orang cina bernama Tsai Lun, kertas buatan Tsai Lun dibuat menggunakan bubur kertas seperti pembuatan kertas modern saat ini. Dan buku yang terbuat dari kertas muncul pertama kali setelah bangsa cina berhasil menciptakan kertas.

Pada abad ke-2 Cina menjadi pengekspor kertas satu-satunya di dunia. Setelah bangsa Cina sukses dengan penemuan kertasnya Lalu Johan Gutenberg yang berkebangsaan Jerman berhasil menciptakan Mesin Cetak petama di dunia dengan memanfaatkan cetakan huruf dari logam. Sedangkan di Indonesia buku ditulis di atas daun lontar, daun lontar yang sudah ditulis lalu dijilid hingga membentuk sebuah buku. Perkembangan perbukuan mengalami perubahan signifikan dengan diciptakannya kertas yang sampai saat ini masih digunakan sebagai bahan baku pembuatan buku.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru