oleh

BKKBN Berikan Pembekalan Pada TPK Kelurahan Ciriung

Siarandepok.com- Dalam rangka penyiapkan tenaga lini lapangan untuk percepatan penurunan stunting, Sabtu, 27 November 2021, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menyelanggarakan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Penurunan Stunting. Kegiatan berlangsung di Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Peserta orientasi terdiri dari Bidan, PKK dan Kader KB yang telah dipilih oleh petugas BKKBN untuk melaksanakan pendampingan bagi tiga kelompok sasaran, yaitu calon pengantin, ibu hamil dan balita. “Kami telah menunjuk TPK. Mereka adalah kader-kader yang selama sudah berkontribusi dalam melaksanakan program Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana di Kelurahan Ciriung,” ujar Dwi Darwanto, Penyuluh KB BKKBN.

baca juga :

Sementara, narasumber dari BKKBN, Hj. Riza Iman Soendari, SH., MA, menyampaikan peran penting TPK dalam menurunkan stunting. Sebagai kader yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat, TPK memiliki tugas untuk mencatat, mengedukasi, dan melaporkan kondisi kelompok sasaran agar tidak terjadi stunting.

Pencatatan dan pelaporan akan dilakukan secara online melalui ELSIMIL. Aplikasi ini adalah sistem pencatatan, pelaporan dan edukasi elektronik siap nikah dan siap hamil yang berfungsi untuk menskrining calon pengantin. “Seluruh kader TPK harus mendowload dan menggunakan aplikasi ini dalam pendampingan calon pengantin,” ujar Ibu Riza./Naz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

Berita Terbaru