oleh

Sekitar 1.363.669 Warga Depok Belum Divaksin

Siarandepok.com– Pusat sepertinya harus lebih bertindak cepat lagi dalam mendistribusikan vaksin ke Kota Depok. Hingga Minggu (25/7), baru 272.687 orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. Lalu, 132.047 orang mendapatkan vaksin dosis kedua. Jumlah tersebut jauh dari target sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Depok sebanyak 1.636.356 orang. Padahal program vaksinasi sudah berjalan lebih dari enam bulan (Dimulai 13 Januari 2021).

“Dosis pertama sudah 16,90 persen dan dosis kedua 8,18 persen dari target sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Depok sebanyak 1.636.356 orang,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita, Senin (26/7).

Menurut dirinya, terdapat sejumlah kategori yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Di antaranya kategori tenaga kesehatan (nakes) ada 13.153 orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, 11.476 orang mendapatkan vaksin dosis kedua. Kemudian kategori lansia ada 30.913 orang mendapatkan dosis pertama, 26.624 orang mendapatkan vaksin dosis kedua.

Perempuan yang pernah menjabat Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok ini menyatakan, vaksinasi Covid-19 juga sudah dilakukan kepada petugas publik sebanyak 156.201 orang mendapatkan vaksin dosis pertama, 82.106 orang mendapatkan vaksin dosis kedua. Kemudian, masyarakat rentan dan umum ada 69.534 orang mendapatkan vaksin dosis pertama, 11.586 orang mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Juga bagi remaja ada 2.125 orang mendapatkan vaksin dosis pertama, tiga orang mendapatkan vaksin dosis kedua dan gotong royong sebanyak 761 orang mendapatkan vaksin dosis pertama, 252 orang mendapatkan vaksin dosis kedua,” jelasnya.

Apabila warga tidak kebagian kuota di puskesmas atau rumah sakit, Kota Depok menyediakan juga sejumlah sentra vaksinasi massal. “Bisa ke sentra vaksin yang bukanya lebih banyak, sampai 1.000 dosis per hari. Ada 3-4 sentra vaksin yang cakupannya besar,” bebernya.

Nova menyebut, antusiasme warganya untuk divaksinasi Covid-19 sangatlah tinggi. Jumlah vaksinator dan vaksin yang tersedia sejauh ini belum mengimbangi animo tinggi itu. Untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Depok yang digelar di puskesmas, rumah sakit, dan sejumlah sentra vaksinasi massal, calon peserta diharap menghubungi masing-masing lokasi vaksinasi untuk memastikan ketersediaan kuota.

Hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depokt terus melakukan upaya menekan penyebaran kasus Coronavirus melalui program vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan program tersebut dilakukan di seluruh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas, Rumah Sakit (RS), dan Sentra Vaksinasi.

Sementara itu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, ketersedian vaksin tergantung pengiriman dari pusat. Saat ini Kota Depok menerima vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan juga ada yang melalui TNI dan Polri. “Khusus vaksin Kota Depok hanya menunggu vaksin dari Kemenkes dan TNI serta Polri,” tandasnya.
(Rohmat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru