oleh

Manfaat Buah Buni yang Jarang diketahui Banyak Orang

Buah buni ini memiliki ciri khas yaitu buahnya berada dalam satu tandan dan mirip cranberry. Buah buni muda memiliki warna kekuningan dan menuju merah kehitam-hitaman. Teksturnya saat dimakan adalah sangat berair dan memiliki pigmen alami sehingga bisa dijadikan pewarna alami.

Buah buni Memiliki kandungan vitamin A, C, B1, B2, E, mineral, besi, fosfor, fitonutrien, kalium, alkaloida, friendelin, buah buni memiliki banyak khasiat kesehatan seperti berikut ini.

  1. Melancarkan pencernaan

Daging buah buni mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan asupan serat yang cukup, masalah pencernaan seperti konstipasi ataupun diare bisa dicegah.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Buah buni juga dipercaya mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan mencegah rabun.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin E yang ada di dalam buah buni juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan adanya vitamin ini, maka kulit ternutrisi dengan baik dan proses pergantian sel-sel kulit mati pun akan berlangsung lancar, sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

  1. Kaya akan antioksidan

Kandungan lain yang memberikan manfaat untuk buah ini adalah antioksidan. Di dalam buah buni terdapat kandungan flavonoid bunius yang terdiri dari catechin, procyanidin B1, dan procyanidin B2.Ketiga jenis flavonoid tersebut termasuk sebagai senyawa antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

  1. Sebagai pewarna makanan alami

Buah buni mengandung antosianin yang dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Komponen ini bisa memberikan warna merah hingga ungu, sama seperti buah aslinya.

  1. Kaya Mineral

Buah buni adalah salah satu buah yang kaya mineral, terutama kalium dan magnesium. Kandungan kaliumnya bahkan setara buah lain yang sudah dikenal sangat kaya kalium seperti pisang, kiwi, dan ceri. Kalium merupakan mineral yang juga dapat berperan sebagai elektrolit. Dalam jumlah yang cukup, mineral ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh, fungsi sistem saraf, hingga kontraksi jantung dan otot.

  1. Berpotensi mencegah diabetes

Ekstrak buah buni sebagai inhibitor enzim α-glukosidase menunjukkan hasil yang positif. Aktivitas tersebut dinilai dapat terjadi karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya.Senyawa flavonoid dipercaya dapat membantu mencegah diabetes karena mampu menghambat penyerapan enzim α-glukosidase di dalam usus, mencegah penyerapan glukosa, dan memperbaiki toleransi glukosa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru