oleh

Idul Fitri Tahun ini di Depok, Berbeda Dengan Tahun Kemarin

siarandepok.com- Menjelang hari raya IdulFitri 1442 Hijriah, Pemkot Depok menerbitkan surat edaran, dalam surat edaran tersebut berisikan bahwa pemkot Depok memperbolehkan Solat id, dengan syarat setial tempat harus membentuk panitia kusus untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan di masjid maupun di lapangan.

“Panitia juga harus menerapkan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan salat Idulfitri, dengan membuat surat pernyataan,” Ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam surat edaran, Sabtu (1/5/2021).

Sebagai informasi maksut dalam syarat tersebut seperti melakukan pembersihan atau disinfeksi ruangan, serta area pelaksanaan salat. Kemudian, membatasi jumlah pintu masuk atau jalur ke luar masuk tempat pelaksanaan salat, guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan.

Berikutnya menyediakan fasilitas cuci tangan,sabun, hand sanitizer di pintu masuk dan keluar tempat pelaksanaan salat Idulfitri, menyediakan alat pengecekan suhu bagi para jemaah serta melakukan pemeriksaan sebanyak dua kali dengan jarak tiga menit. Jika ditemukan jemaah dengan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celcius, tidak diperkenankan memasuki area tempat pelaksanaan salat Idul Fitri.

memasang imbauan penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan salat Idulfitri pada tempat yang mudah terlihat. Setiap jemaah menggunakan masker, dan membawa perlengkapan ibadah sendiri. Sebelum dan setelah Salat Idulfitri, tidak diperkenankan bersalam-salaman atau kontak fisik.

Hal tersebut di lakukan oleh pemerintah Kota Depok, untuk memutus rantai Covid-19 di kota Depok, dan agar tidak ada klaster baru Covid-19, untuk itu kebijakan pemerintah merupakan kebijakan yang penuh pertimbangan sebagai bentuk kepedulian pemerintah ke masyarakatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru