oleh

Revitalisasi Trotoar Jalan Margonda Raya akan Segera Dilakukan!

siarandepok.com – Revitalisasi trotoar di Jalan Margonda Raya akan segera dilakukan pada tahun 2021. Jalan margonda raya merupakan pusat dari kota Depok yang nantinya akan ditata dengan desain modern, tetapi tetap mengandung unsur tradisional.

Dadan Rustandi selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mengatakan, bahwa revitalisasi trotoar Jalan Margonda Raya akan segera dilakukan dan terbagi dalam 3 segmen. Dengan demikian, segmen 1 adalah dari tugu jam hingga Ramanda, segmen 2 dari Ramanda hingga lampu merah Juanda, dan segmen 3 dari Juanda hingga Universitas Indonesia.

“Segmen 1 adalah jalan milik Pemkot Depok, segmen 2 jalan milik Pemerintah Pusat, sedangkan segmen 3 adalah milik Pemkot Depok. Detail Engineering Design (DED) untuk segmen 1 sudah selesai pelelangan. Untuk segmen 2 dan 3 sedang dalam proses,” ungkap Dadan.

Dadan mengatakan, pada segmen 2 merupakan jalanan Pemerintah Pusat, mulai dari juanda melewati Flyover Arif Hakim dan Jalan Nusantara, Sawangan hingga pertigaan Bojongsari. Namun, untuk segmen 2 ini akan dikomunikasikan kembali dengan pusat dan dimintakan rekomendasi lebih teknis.

“Insya Allah Pak Wali dan pak Wakil akan launching segmen 1 disaat hari jadi Kota Depok yang ke 22. Adapun untuk jalur sepeda nantinya disejajarkan tingginya dengan trotoar kurang lebih lebar sekitar satu meter. Saat ini jalur sepeda tingginya berada dibawah trotoar,”jelasnya.

Dadan berharap setelah penataan Jalan Margonda Raya ini, instansi yang terkait dengan Jalan Margonda ini agar berada dalam satu utilitas.

“Perlu disosialisasikan kepada para pedagang di kiri kanan Jalan Margonda nantinya, agar tatanannya rapih, seiring, dan seirama mengikuti arahan dari Pemkot Depok. Ini perlu sinergi dan kolaborasi dengan dinas terkait termasuk dengan Polresta Depok,”papar Dadan.

Pemerintah bersama stakeholder tetap harus menjaga dan merawat Jalan Margonda Raya ini. Karena itu, kedepannya jalan ini bisa menjadi sebagai tujuan Kota Depok, seperti di Jogjakarta yang terkenal dengan Jalan Malioboro.

“Konsepnya adalah tidak ada pagar untuk Jalan Margonda Raya, taman ditata sedemikian rupa oleh DLHK, kelancaran ditata oleh Dishub, dan keamanannya oleh Polresta Depok. Kolaborasi dan sinergi antar dinas dan instansi sehingga Kota Depok menjadi maju, berbudaya, dan sejahtera. Nyok Kita Bangkit,” jelasnya.

 

Penulis: DL

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru