oleh

Mengenal Makanan Lebaran Khas Indonesia

Siarandepok.com –Tahukah Anda, makanan khas lebaran di Indonesia bukan hanya ayam dan ketupat lho! Mereka adalah hidangan utama di seluruh pelosok Indonesia, namun bukan berarti hanya mereka yang menjadi makanan khas lebaran. Bagi masyarakat yang tinggal di Sumatera, ayam dan hidangan pembuka bakar memang kalah populer dibandingkan dengan gaya lebaran khas Sumatera yang memiliki corak berbeda. Hal yang sama juga terjadi pada penduduk Sulawesi dan Kalimantan.

  1. Semur daging (Jakarta)

Selain ketupat dan sambal ayam, meja Betawi juga menawarkan semur. Rasanya yang manis, asin, dan sedikit pedas pasti akan menggugah selera makan setiap orang. Yang paling berkesan adalah jika makanan tradisional Idul Fitri warga ibu kota disantap dengan nasi hangat.

 

  1. Gulai nangka (Medan)

Kuliner Idul Fitri ini juga sangat populer di Kota Medan dan sekitarnya. Bayangkan Anda bisa makan nangka, iga atau ceker tajam, kacang panjang, dan santan kental. Sudah tidak sabar untuk mencicipinya, bukan?

 

  1. Rendang (Padang)

Ada banyak variasi rendang, tapi tidak ada yang bisa menjamin kerenyahannya. Hidangan daging bercita rasa pedas yang dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah ini telah menjadikan makanan khas Patong dan Minangkabau sebagai salah satu makanan khas terpopuler di dunia kuliner internasional. Tahukah Anda, menikmatinya di Hari Raya Idul Fitri memang enak, apalagi kalau soal minuman segar!

 

  1. Ayam Gagape (Makassar)

Bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan, Ayam Gagape menjadi salah satu makanan khas lebaran yang wajib ada di meja makan. Tampilan kuahnya memang mirip dengan opor ayam, namun bicara soal rasa, jauh lebih gurih karena tambahan kelapa parut sangrai. Maknyus banget, lho!

 

5.Soto Banjar (Banjarmasin)

Meski sudah kerap tersaji di hari-hari biasa, Soto Banjar termasuk dalam salah satu makanan khas Lebaran bagi warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kekhasan rasa dan isian, mulai dari suwiran ayam kampung, telur rebus, bawang goreng dan ketupat, dijamin kamu bakal nambah.

 

Penulis : K

Editor : My

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru