oleh

Pemkot Bandung Gelar Ziarah Peringati Peristiwa Bandung Lautan Api

-Berita-17 views

siarandepok.com – Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersama istri dan anggota Paskibraka melakukan tabur bunga saat ziarah Peringatan Ke-75 Peristiwa Bandung Lautan Api di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021).

Pemerintah Kota Bandung menggelar ziarah dengan menerapkan protokol kesehatan. Ziarah ini dilakukan untuk tetap mengenang dan menjaga jasa para tentara dan penduduk sipil saat peristiwa Bandung Lautan Api pada tahun 1946 dalam membela Indonesia dari penjajah Sekutu dan NICA.

Peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) terjadi pada 24 Maret 1946. Saat itu, warga membakar kotanya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dalam buku Bandung 1945-1946 (2019) karya Egi Azwul Fikri, peristiwa ini dilatarbelakangi beberapa hal.

Di antaranya tuntutan Brigade Mac Donald terhadap masyarakat Bandung untuk menyerahkan semua senjata Jepang yang sudah dilucuti pemuda ke pihak Sekutu. Kemudian, tentara Sekutu membagi Kota Bandung menjadi dua wilayah, yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan. Pengosongan Bandung itu untuk pembangunan markas Sekutu.

Hevi Fauzan selaku pemerhati sejarah Bandung mengatakan, sedikitnya ada 10 stilasi berupa patok atau tugu kecil sebagai pengingat kejadian Bandung Lautan Api.

“Patok dan tugu itu dibuat di titik-titik yang ada kaitannya dengan peristiwa tersebut. Ada juga tugu pertempuran-pertempuran di Bandung seputar Bandung Lautan Api,” ucap Hevi.

Penulis: RR

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru