oleh

Pendidikan Untuk Generasi Bangsa Melalui Program CSR PT. PLN (persero) UIT JBB

-Lingkungan-293 views

siarandepok.com-Kemajuan setiap bangsa dan negara dapat dilihat dari kualitas pendidikan yang ada di Negara tesebut. Semakin berkualitas sistem pendidikannya, maka akan melahirkan generasi yang professional dibidangnya dan memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan bangsa dan negara. Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau  untuk kemajuan lebih baik. Secara sederhana, Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti, paham, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir.

PT PLN (Persero) adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan baik dari mulai mengoperasikan pembangkit listrik sampai dengan melakukan transmisi kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. PT PLN memiliki MISI dalam bidang pendidikan yaitu “Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan” Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat

Pada Corporate Social Responsibility (CSR) PLN telah berkomitmen “Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”. PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. PLN mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan.

Selain kegiatan pembangunan prasarana yang berkaitan dengan energy, dalam bidang pendidikan penyuluhan Program CSR Desa Mandiri Energi PLN juga menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan penyuluhan yang bertujuan memberi pengertian mengenai pengaruh listrik, jaringan transmisi dan distribusi listrik terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat selain pelaksanaan program bantuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat.

Pada tanggal 21 September 2019 PT.PLN (persero) UIT JBB melalui program tanggung jawab social meresmikan Gedung Produksi SMK dan Ruang SMP di Bawah Jalur SUTET. Sebagai wujud realisasi program Corporate Social Responsibilty (CSR) PT PLN (Persero) UIT JBB, khususnya pada bidang pendidikan, diresmikan Gedung Unit Produksi SMK Informatika Utama dan Ruang Kesiswaan SMP Utama bantuan PLN di Gandul, Depok.

Sekolah gratis SMK INFORMATIKA UTAMA dibawah naungan PT PLN melalui asosiasi YBM PLN dan PLN PEDULI. YBM PLN adalah lembaga pengelola ZIS (zakat, infak, shadaqoh) terdepan yang amanah, profesional dan transparan di lingkungan PT PLN (Persero) dalam memberdayakan mustahik menjadi muzakki, yang memiliki program dalam pendidikan yang unggulan bebas biaya (gratis)  bagi dhuafa sehingga dibuatnya Sekolah SMP Utama & SMK Informatika Utama dengan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan guna mencerdaskan generasi bangsa yang unggul serta berkemajuan , PLN menerangi bangsa melalui dunia pendidikan yaitu dengan membangun sekolah SMK INFORMATIKA UTAMA. Siswa – siswi yang masuk SMP Utama dan SMK Informatika Utama ini diseleksi sangat ketat. Mereka yang sekolah disini, seluruhnya gratis dibantu oleh PLN. Meski gratis, untuk masuk ke SMK Informasi Utama tidaklah mudah. Para calon siswa yang mendaftar akan melalui berbagai proses seleksi, proses seleksi ini perlu, guna manfaat dari zakat itu benar-benar diberikan kepada mereka yang membutuhkan. SMK Informatika Utama selama 13 tahun, sudah mencapai 11 angkatan dan menghasilkan lulusan terbaik dan diterima berbagai perusahaan nasional. 60% sebelum menerima ijazah, lulusan SMK Informatika sudah diterima diberbagai perusahaan.

Fasilitas SMP Utama  dan SMK Informatika Utama semakin lengkap. Dimana, setelah adanya peresmian Gedung Unit Produksi untuk SMK Informatika Utama, dan Ruang Kesiswaan di SMP Utama. Gedung tersebut diresmikan oleh GM PT. PLN Unit TJBB, Warsono. Unit produksi sudah ada sebelumnya di SMK Informatika Utama, hanya saja belum memiliki gedung sendiri. Dengan adanya gedung sendiri, semoga bisa menambah semangat siswa dan guru dalam membangun jiwa wirausaha. Keberadaan unit produksi di SMK Informatika Utama sangat membantu pihak sekolah untuk mengembangkan kreativitas muridnya. Fasilitas lainnya yaitu saat memasuki ruang kelas, tidak seperti sekolah gratis lainnya. SMK Informasi Utama ini fasilitasnya lengkap seperti sekolah swasta berbayar dan negeri. Ruangan yang ada pendingin ruangan, tersedianya infokus. Uniknya, komputer sudah tersedia di dalam meja. Tinggal membuka alas meja, maka akan terlihat layar monitor yang sudah terpasang.  Bahkan di lingkungan sekolah sudah tersedia WIFI.

Fasilitas lengkap sengaja disiapkan, agar para siswa dan siswi nyaman belajar di sekolah, tentu saja juga berprestasi. Buktinya selama 13 tahun berdiri, SMK Informatika Utama menuai banyak prestasi dari para muridnya. Tahun 2015 saja, sekolah ini menjuarai festival film pendek generasi sehat tanpa rokok yang diadakan oleh pemerintah Kota Depok, Nem matematika dan bahasa Indonesia tertinggi Kota Depok. Bukan hanya itu, kepala sekolahnya juga pernah menjadi juara dalam kompetisi sekolah se-Kota Depok juara satu pada tahun 2016.

Pendidikan harus sangat diperhatikan untuk kemajuan bangsa dan masyarakat Indonesia, Program CSR yang dilakukan oleh PT.PLN (persero) UIT JBB memberikan tempat pendidikan yaitu sekolah yang sangat berkemajuan yang mengedepankan tekonologi. Para siswa bisa belajar tentang teknologi saat ini dan siswa/i pun bisa menciptakan tekonologi yang baru hasil dari inovasi mereka.

 

Penulis ;

– Annisa Diah Widiyanti, Universitas Muhammadiya Jakarta

– Sherly Herlina, Universitas Muhammadiyah Jakarta

– Ikhlasul Amal, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru