oleh

Mendekati Bulan Ramadhan, Makam Terlihat Sepi

Siarandepok – Setiap mendekati bulan suci Ramadhan, warga Kota Depok Memiliki suatu tradisi yakni, mengunjungi makan sanak keluarga, berdoa dan membersihkan makam yang dikunjunginya. Tahun ini memang berbeda dari tahun tahun sebelumnya, biasanya seminggu sebelum puasa semua Tempat Pemakaman Umum (TPU) ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah. Namun adanya wabah virus Covid-19 membuat warga berkurang untuk datang berziarah.

Hal tersebut terlihat di TPU Belimbing Pancoran Mas, Depok, para penziarah tidak ramai seperti tahun sebelumnya, meski begitu tetap ada warga yang datang berziarah ke makam sanak keluarga.

“Sudah terbiasa sih setiap munggah mau puasa, kami sekeluarga pasti mengujungi makam keluarga yang ada di TPU Belimbing. Ada juga sih rasa khawatir karena akan penuhnya warga yang dating berziarah,” kata Ny. Lili warga Kelurahan Depok, Sabtu (18/04/2020).

Farhan warga Kp. Lio Depok mengatakan, dirinya bersama keluarga sudah terbiasa setiap mau memasuki bulan puasa pasti melakukan nyekar ke makam keluarga.

“Tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya seminggu sebelum puasa, dimakam Belimbing ini cukup ramai dipadati oleh warga Depok yang dating berziarah, ternyata pengaruhnya sangat besar, sampai berziarah aja juga sepi,” ujarnya.

Penjual kembang dadakan yang biasa berjualan di area pemakaman pun mengeluh, mereka biasanya bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari hasil jualan kembangnya. “Sepi banget sekarang ini jualan kembang, akibat corona warga jadi berkurang jauh yang dating berziarah. Yah mudah-mudahan pas dihari munggahnya ramai yang dating berziarah,” harap Inah penjual kembang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru