oleh

Yuk, Kepo Cara Buat Fettuccine Carbonara

Fettucini carbonara adalah gabungan dari dua kata yaitu fettucini dan carbonara, fettucini adalah bahan dasar makanan ini, sedangkan carbonara adalah saus yang melengkapinya. Fettucini dalam bahasa Italia berarti pita kecil, fettucini merupakan salah satu jenis pasta yang berciri agak tebal, lebar dan panjang seperti mie yang terbuat dari tepung dan telur.  Fettucini kering sudah banyak ditemukan di toko atau di pasar swalayan. Banyak orang yang menyamakan antara fettucini dan spaghetti atau pasta lainnya yang bentuknya mirip. Bisa jadi juga ada yang menyamakan dengan fettucini dengan mie atau kwetiau saking miripnya. Fettucini adalah jenis pasta seperti spaghetti. Fettucini akan terasa hambar bila dimakan begitu saja. Pasta ini butuh saus pedamping supaya rasanya enak dan lezat bila dimakan. Ada tiga jenis saus yang biasanya mendampingi pasta ini yaitu saus bolognese, saus alfredo dan saus carbonara. Bolognese dan carbonara sendiri lebih cocok dihidangkan dengan pasta spaghetti dibandingan dengan fettucini atau pasta yang lainnya. Di Indonesia sendiri fettucini juga sudah dimodifikasi isiiannya bisa dengan dengan daging asap, bakso atau sosis, semua sesuai dengan selera. Penasaran ya teman- teman rasa fettucini carbonara ini.

Berikut resep membuat Fettuccine Carbonara

Bahan-bahan:

  1. Fettucini 1 bungkus dibagi 3 bagian ( merk lafonte )
  2. Susu UHT full cream 350 ml ( merk bebas )
  3. Keju 1/3 batang keju cheddar ( merk bebas )
  4. Sosis 2 buah potong- potong
  5. Bakso sapi 5 buah potong-potong
  6. Bawang bombay ½ buah iris tipis
  7. Bawang putih 2 siung, digeprek dan dicincang
  8. Pala bubuk 1/3 sendok teh
  9. Merica bubuk ½ sendok teh
  10. Gula ½ sendok teh
  11. Garam secukupnya
  12. Magarine secukupnya ( untuk menumis dan merebus fettucini )
  13. Air secukupnya untuk merebus fettucini

Cara Membuat

  1. Pertama siapkan panci didihkan air terlebih dahulu beri sedikit margarin dan garam, lalu rebus fettucininya, rebus hingga empuk, sesekali pegang sudah empuk atau belum.( margarin fungsinya agar fettucininya tidak lengket dipanci sewaktu direbus )
  2. Kedua siapkan teflon panaskan margarine lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu , lalu masukkan sosis dan baksonya, setelah itu masukkan susu full cream aduk pelan- pelan hingga mendidih, lalu kecilkan apinya.
  3. Ketiga setelah mendidih dan dikecilkan apinya, lalu masukkan keju ( sisakan sedikit saja untuk toping setelah matang ) beri garam, pala bubuk, merica bubuk dan gula, aduk rata hingga mengental dan tes rasa.
  4. Keempat masukkan fettucini yang sudah empuk kedalam cream, aduk – aduk pelan sampai tercampur rata .
  5. Terakhir setelah tercampur rata sajikan di piring saji dan taburi dengan sisa keju parut tadi.

Selamat Mencoba..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru