oleh

Dinkes Depok Siapkan Tim Penanganan Caleg Stres karena Gagal

Siarandepok.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan siapkan tim untuk penanganan jika ada calon legislatif (Caleg) yang stres karena gagal terpilih pada Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019. Berdasarkan data KPU Kota Depok, tercatat ada 610 Caleg yang akan memperebutkan kursi di DPRD Kota Depok.

“Kami memang ada program untuk penanganan gangguan kejiwaan,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Selasa (26/2).

Novarita mengutarakan, jika ada Caleg yang stres karena gagal menjadi anggota dewan, pihaknya siap memberikan penanganan. “Kami ada program untuk kesehatan jiwa, jadi tinggal kita identifikasi saja siapa-siapa saja yang membutuhkan penanganan. Kami siap memberikan penanganan,” tegasnya.

Data terakhir Dinkes Kota Depok, tercatat ada 3.986 orang yang menderita gangguan jiwa di Kota Depok. “Kami melakukan upaya optimalisasi kesehatan jiwa melalui integrasi pelayanan kesehatan jiwa dengan pelayanan primer, seperti pelatihan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan jiwa. Selain itu, ada penguatan koordinasi lintas program dan sektor dalam pembangunan kesehatan jiwa masyarakat. Lalu, meningkatkan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan data dan informasi terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa,” jelas Novarita.

Dia menambahkan, jumlah gangguan jiwa terbagi menjadi sepuluh kasus, diantaranya gangguan mental organik, gangguan penggunaan narkoba, skizofrenia dan gangguan psikotik kronik lain, gangguan psikotik akut, gangguan bipolar, gangguan depresif, gangguan neurotik, retardasi mental, gangguan jiwa anak dan remaja, serta epilepsi.

 

Penulis : Adista

Editor : Faisal Nur Fatullah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru