Kampung Setaman Depok, Kampung Berseri Kedua Binaan Grup Astra

- Reporter

Kamis, 6 Juni 2024 - 12:44

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penguntingan Pita dan Penandatanganan peresmian Kampung Berseri Astra (KBA) Auto2000 oleh Ibu Zuriaty selaku Human Capital & General Services  Div. Head Auto2000 (berkalung bunga sebelah kiri) dan Muhammad Idris selaku Walikota Depok. - Foto Auto2000

Penguntingan Pita dan Penandatanganan peresmian Kampung Berseri Astra (KBA) Auto2000 oleh Ibu Zuriaty selaku Human Capital & General Services Div. Head Auto2000 (berkalung bunga sebelah kiri) dan Muhammad Idris selaku Walikota Depok. - Foto Auto2000

Siarandepok.com, RATUJAYA – Auto2000 sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia, meresmikan Kampung Berseri Astra (KBA) di wilayah Kampung Setaman RW 07 – Kel. Ratujaya, Kota Depok, Rabu (29/5/2024).

KBA di Depok ini merupakan yang kedua setelah KBA Binaan Auto2000 Cengkareng Timur, yang diresmikan pada 2017 silam.

Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas, Produktif) Astra merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Group Astra, yang fokus pada pengembangan kampung atau daerah terpadu dengan mangusung empat pilar program CSR Astra, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM), dan Kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, Program KBA bertujuan untuk turut serta membantu pemerintah dalam memenuhi program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), dan mendukung tercapainya Astra 2030 Sustainability Aspiration

Melalui program ini, Auto2000 turut serta berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan dengan Catur Dharma Astra yaitu menjadi aset yang bermanfaat bagi Indonesia.

“Bersama Kampung Setaman Depok, Auto2000 ingin selalu dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar perusahaan dengan tetap memberikan program-program pemberdayaan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Zuriaty, Human Capital & General Services Division Head Auto2000, Rabu (29/5/2024).

Berikut ini adalah program pengembangan KBA Kampung Setaman RW 07, Kel. Ratujaya, Kota Depok.

Program Kesehatan

Target pengembangan dalam pilar kesehatan adalah Kesehatan Ibu dan Anak dengan melakukan pembinaan dan pemberdayaan posyandu yang ada. Pemberdayaan yang dimaksud berupa pemberian alat kesehatan dan pendukung posyandu, pelatihan dan pendampingan kepada kader posyandu, dan pemberian makanan tambahan bagi anak balita.

Program Pendidikan

Langkah yang dilakukan berupa pemberian alat pendukung belajar & mengajar, pelatihan, serta pengembangan dan pendampingan guru. Auto2000 berusaha mengambil peran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar.

Sebelumnya Auto2000 juga berhasil mendapatkan Penghargaan Adhiwiyata Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diberikan oleh Gubernur Anies Baswedan, kepada Sekolah Dasar yang menjadi binaan Auto2000 yaitu SDN 21 Cengkareng Timur.

Adapun program PAUD, hasil yang dicapai berupa peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta fasilitas pendukung pendidikan sehingga anak–anak mendapatkan pendidikan yang lebih baik di tengah lingkungan sekolah yang baik.

Program Lingkungan

Dengan pilar ini, Auto2000 mengintervensi problematika udara dengan program “Zona Oksigen”. Melalui program ini, setiap gang di Kampung Setaman dibuat gondola dengan tanaman markisa.

Auto2000 juga ikut serta dalam mengembangkan program pemerintah berupa Program Kampung Iklim (Proklim) dengan program-program penghijauan, pembuatan biopori, komposting, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, isu dan problematika udara di kawasan tersebut dapat terselesaikan, serta udara Kampung Setaman menjadi lebih sehat, teduh, dan ramah lingkungan.

Program UMKM

Pengembangan pilar UMKM berupa pendampingan dan pelatihan kepada warga sekitar untuk membuka usaha. Pelatihan yang diberikan tidak hanya bagaimana membuat produknya, tetapi sampai dengan cara pembukuan, promosi, dan kegiatan penunjang lain untuk meningkatkan penjualan.

Pengembangan pilar UMKM menghasilkan beberapa pengusaha baru di area tersebut sehingga dapat memberdayakan serta meningkatkan kualitas masyarakat sekitar.

Khusus di KBA Setaman Depok, bisnis yang dikembangkan adalah memanfaatkan buah markisa dari “Zona Oksigen” menjadi program generate income dengan membuat sirup dari buah markisa yang dipanen, produksi bawang goreng, dan pengolahan kain majun menjadi produk dengan tambahan nilai baru.

Selain itu Auto2000 juga mengintervensi rintisan Bank Sampah sebagai usaha yang berdampak pada pengelolaan lingkungan bersih juga sekaligus generate income bagi warga yang menjadi nasabah Bank Sampah.

<

Berita Terkait

Punya Jaringan Kuat, Alumni Muda Gontor Semakin Mantap Dukung Supian Suri
Alumni Muda Gontor Pastikan Hanya Dukung Supian Suri di Pilkada Depok 2024, Pintu Masih Terbuka Lebar
Guyubnya Warga RT 03 RW 04 Sukatani Tapos Gelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
Jurus Jitu Ss Atasi Banjir Di Mampang
Mohammad Idris : Pemkot Depok akan Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus 
Jasa Raharja berikan Santunan kepada keluarga korban kecelakaan bus SMK Lingga Kencana
Sekda Depok, Supian Suri Sampaikan Duka Mendalam Kepada Keluarga Korban Kecelakaan Maut di Subang

Berita Terkait

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:18

Punya Jaringan Kuat, Alumni Muda Gontor Semakin Mantap Dukung Supian Suri

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:15

Alumni Muda Gontor Pastikan Hanya Dukung Supian Suri di Pilkada Depok 2024, Pintu Masih Terbuka Lebar

Rabu, 19 Juni 2024 - 12:51

Viral, Punya Aset Puluhan Trilyun Ketum Muhammadiyah yang Sangat Sederhana, Naik Kereta dan Bawa Kardus

Rabu, 19 Juni 2024 - 11:39

Gerakan Ayo Peduli Sesama Rayakan Idul Adha dengan Qurban 2 Sapi dan 5 Kambing

Selasa, 18 Juni 2024 - 20:02

Guyubnya Warga RT 03 RW 04 Sukatani Tapos Gelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban

Selasa, 18 Juni 2024 - 12:36

Akademi Dewan Da’wah Kota Depok Melaksanakan Kegiatan Memotong Hewan Kurban

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:36

Depok Berbenah: PKBM Primago Indonesia Depok Jadi Pionir Transformasi Pendidikan Kesetaraan

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:34

PKBM Primago Indonesia Kota Depok Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Setelah Mengikuti Bimtek

Berita Terbaru