Lebih Dekat Melihat Ragam Fungsi Pada Setir Mobil New XL 7 Hybrid

- Reporter

Kamis, 3 Agustus 2023 - 16:52

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com – Lingkar kemudi atau setir memegang peranan vital dalam proses pengendalian arah kendali mobil. Bentuknya yang melingkar sudah ada sejak akhir abad ke-19 dan terus digunakan sampai saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini pada bagian setir juga disematkan berbagai tombol kendali fitur pendukung perjalanan. Meskipun masyarakat mulai memahami fungsi dan kegunaan dari tombol yang ada pada bagian setir, namun masih banyak pula masyarakat awam yang tidak terlalu fasih menggunakan tombol tersebut karena belum memahami fungsi dan manfaatnya. Kali ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan gambaran apa saja 5 fitur utama dan manfaat yang ada pada setir New XL7 Hybrid agar perjalanan pengendara bisa terbantukan dengan mudah.

Hariadi selaku Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales, menyampaikan “Selain memiliki peran utama sebagai alat kendali arah mobil, setir pada New XL7 Hybrid juga memiliki banyak fungsi yang dapat dikendalikan dari tombol-tombol yang tersedia untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, seperti Audio Control, Bluetooth Hands-free maupun Cruise Control. Kecanggihan tersebut turut melengkapi fitur-fitur dasar yang sudah ada sebelumnya seperti klakson dan menyimpan Airbag yang berfungsi sebagai piranti keselamatan. Hampir seluruh model mobil Suzuki juga telah memiliki kelengkapan yang sama, dengan tujuan memberikan pengalaman yang lebih baik dan berkesan bagi penggunanya,”

Agar lebih mudah memahami kelengkapan dan manfaat pada setir New XL7 Hybrid, simak 5 fitur berikut,

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

  1. Fitur Audio Control

Empat tombol Audio Control yang berada pada palang setir bagian kiri ini berfungsi untuk mengoperasikan fungsi dasar sistem audio mobil secara lebih mudah dan cepat. Penempatan fitur Audio Control menggunakan tombol di sisi kiri setir tersebut berguna agar pengendara dapat melakukan pengaturan audio hanya dengan ibu jari tanpa harus melepaskan tangan dari setir yang sedang digenggam. Terdapat tombol bertuliskan MODE yang dapat ditekan untuk mengganti pilihan sumber suara pada audio mobil seperti radio, USB, Bluetooth audio atau AUX. Selain ditekan, tombol MODE tersebut juga dapat digeser ke arah atas dan bawah sebagai pengaturan menambah atau mengurangi volume. Di samping tombol MODE, terdapat tombol dengan arah panah kanan dan kiri yang berguna untuk mengganti saluran atau pilihan dari radio, musik, video maupun perangkat dan aplikasi lain yang tersambung dengan head unit. Terdapat satu tombol lain pada bagian bawahnya yaitu tombol Mute yang berfungsi untuk menghilangkan volume suara audio sementara waktu.

  1. Fitur Bluetooth Hands-free

Fitur yang memiliki tiga tombol di arah jam 7 palang setir ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat telepon genggam dengan head unit melalui koneksi Bluetooth. Tombol paling bawah digunakan untuk mengaktifkan bluetooth head unit, serta dua tombol di atasnya yang memiliki gambar telepon berfungsi untuk mengangkat atau melakukan panggilan telepon, serta menutup telepon yang masuk ketika perangkat telepon genggam tersambung dengan head unit mobil. Manfaat dari fitur ini adalah pengendara dapat melakukan komunikasi via telepon tanpa harus memegang perangkat telepon genggamnya, tentunya cara ini lebih aman bagi pengendara karena dapat tetap fokus mengemudi.

  1. Fitur Cruise Control

Salah satu keunggulan dari beberapa model mobil Suzuki adalah telah tersedianya fitur Cruise Control untuk mempertahankan kecepatan secara stabil tanpa harus menginjak pedal gas, dan fitur tersebut dapat dioperasikan secara mudah hanya dengan menggunakan rangkaian tombol di setir bagian kanan. Untuk mengoperasikannya, pengendara perlu menekan tombol paling kiri berlogo “Cruise”, dan melihat indikator cruise  control di multi information display (MID) sudah aktif, setelah itu pengendara dapat melakukan percepatan atau perlambatan pada kecepatan yang diinginkan, yang diikuti dengan menggeser tombol “RES +/SET –“ ke arah atas atau bawah. Jika pengendara ingin membatalkan fungsi cruise control, cukup tekan tombol Cancel yang berada di posisi paling kanan Dengan adanya fitur Cruise Control yang dikendalikan lewat jari ini memungkinkan pengemudi menikmati perjalanan dengan kecepatan stabil seperti di jalan bebas hambatan, dan meminimalisir rasa lelah pada pergelangan kaki yang biasanya harus menahan pedal gas untuk mempertahankan kecepatan.

  1. Airbag

Airbag merupakan sistem keamanan tambahan berupa kantung udara yang mengembang untuk melindungi pengendara dan penumpang saat terjadi insiden seperti benturan keras atau kecelakaan pada bagian depan mobil. Pada bagian di belakang bantalan tengah setir terdapat airbag bagian pengemudi yang akan bekerja jika pengendara juga menggunakan sabuk pengaman secara benar. Mengingat penting dan besarnya peranan airbag, maka Suzuki menyarankan kepada pengendara untuk tidak meletakan benda apapun di depan setir ataupun mengganti jenis setir yang tidak sesuai standarnya.

  1. Horn / Klakson

Tombol ini merupakan fitur yang selalu ada di seluruh mobil dan dapat digunakan ketika dibutuhkan. Letak tombol klakson berada di posisi tengah setir. Pengendara dapat menekan tombol ini sebagai pemberi tanda atau isyarat kepada pengemudi lain yang ada di sekitar kita. Klakson ini juga dapat digunakan ketika pengendara maupun penumpang dalam kondisi darurat.

“Pengendara perlu memahami betul penggunaan beserta fungsi tombol-tombol yang ada di mobil terutama di sekeliling setir. Hal ini berkaitan dengan keamanan selama berkendara, kenyamanan pengemudi selama menyetir, serta meningkatkan pengalaman berkendara yang berkesan,” tutup Hariadi.

<

Berita Terkait

Perkuat Program Kaderisasi SDM, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Kerjasama Dengan Universitas Darunnajah (UDN) Jakarta*
Seminar Online Primago 2024 “Kata Siapa Alumni Pesantren Tidak Bisa Menjadi Dokter?
Kerja Keras Sang Ayah Banting tulang Demi Anak Bisa Kuliah
Seminar Online Primago 2024 “Anak Masuk Pesantren, Perlukah Orang Tua Belajar Bahasa Arab”
Amazing….Pemkab Bandung Borong 13 Penghargaan di peringatan HARGANAS Ke-31 Jawa Barat
Fun Walk With Family tutup Rangkaian Harganas ke-31 Tingkat Jawa Barat
Peringati HARGANAS, BKKBN Jawa Barat Sukses Gelar Anugerah Bangga Kencana dan Penggalangan Komitmen Mitra
Smpit Pesantren Nururrahman Adakan Workshop Penyusunan Perangkat Bahan Ajar Bersama Dr Awalludin & Irma Nurul Fatimah S.T

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 10:19

Perkuat Program Kaderisasi SDM, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Kerjasama Dengan Universitas Darunnajah (UDN) Jakarta*

Selasa, 23 Juli 2024 - 16:54

Seminar Online Primago 2024 “Kata Siapa Alumni Pesantren Tidak Bisa Menjadi Dokter?

Selasa, 23 Juli 2024 - 14:41

Kerja Keras Sang Ayah Banting tulang Demi Anak Bisa Kuliah

Senin, 22 Juli 2024 - 20:53

Seminar Online Primago 2024 “Anak Masuk Pesantren, Perlukah Orang Tua Belajar Bahasa Arab”

Senin, 22 Juli 2024 - 20:50

Amazing….Pemkab Bandung Borong 13 Penghargaan di peringatan HARGANAS Ke-31 Jawa Barat

Senin, 22 Juli 2024 - 20:31

Peringati HARGANAS, BKKBN Jawa Barat Sukses Gelar Anugerah Bangga Kencana dan Penggalangan Komitmen Mitra

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:01

Smpit Pesantren Nururrahman Adakan Workshop Penyusunan Perangkat Bahan Ajar Bersama Dr Awalludin & Irma Nurul Fatimah S.T

Sabtu, 20 Juli 2024 - 19:46

Awalnya Tak Mau Nyalon Bupati Nganjuk di Pilkada 2024, Gus Ibin Akhirnya dapat Restu Sang Bunda Maju

Berita Terbaru