oleh

Kepala BIN: Pemerintah Daerah Harus Siap Lewati Tahun 2023 yang “Gelap”

Siarandepok.com – Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengingatkan Pemerintah Daerah untuk dapat bersiap melewati tahun 2023 yang gelap dan penuh dengan ketidakpastian. Foresight intelijen dunia menunjukkan bahwa di tahun 2023 akan menjadi tahun yang gelap karena banyak hal yang mempengaruhinya, muali dari situasi perang hingga resesi ekonomi global.

Dalam istilah intelijen Winter is Coming” di tahun 2023 dimana situasi dan kondisi ditahun ini banyak negara akan mengalami kesulitan yang besar sehingga dapat mempengaruhi secara global, regional maupun nasional.

Hal tersebut dijelaskan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam acara Rakornas Forkopimda 2023 di SICC, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Tahun 2023 akan dihantui oleh ancaman resesi dan inflasi yang pengaruhnya sampai kedaetah – daerah dan dirasakan oleh kelompok ekonomi rumah tangga baik di kota, kabupaten hingga ke pelosok desa, ujar Budi Gunawan.

Berkaca dari analisis intelijen yang menunjukkan beberapa potensi ancaman dan tantangan global pada tahun 2023 yang harus menjadi perhatian berbagai kalangan diantaranya perang Rusia dan Ukraina yang diprediksi masih akan berlangsung lama dengan diperparah munculnya potensi penggunaan senjata nuklir dalam skala yang terbatas. Perang antara kedua negara tersebut akan mengganggu suplai energi dan pangan dunia, ungkap Kepala BIN.

Selain itu, negara-negara Eropa mulai kekurangan biaya akibat inflasi yang mengakibatkan banyak infrastruktur menjadi terbengkalai dan tidak selesai pembangunannya. Salah satu contoh kongkrit yaitu negara Italia yang saat ini mengalami krisis listrik dan kesulitan pangan sehingga kondisi negaranya tidak “sehat”, tutur Budi Gunawan.

Dibelahan benua Afrika, sejumlah negara disana bergantung 90% impor gandum dari Rusia dan Ukraina. Karena itu saat ini sebagain besar negara Afrika sedang terancam kelaparan dan kemiskinan yang ekstrem.

Untuk Indonesia sendiri, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS semakin melemah akibat kondisi global yang memprihatinkan karena inflasi di sebagian negara di dunia. Hal itu juga menyebabkan tingginya beban impor yang berdampak pada industri nasional, dan semakin meningkatnya pengangguran serta menurunnya daya beli masyarakat

Melihat kondisi dunia internasional yang mengalami guncangan termasuk dampaknya terhadap Indonesia, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan meminta seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia, harus dapat mempersiapkan daerahnya masing – masing agar tahun ini dapat dilewati dengan penuh optimisme sehingga perekonomian masyarakat dapat tetap terjaga dan ekonomi nasional akan selalu kuat dari terpaan resesi global.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru