oleh

Puji sebagai Tanah Paling Subur di Indonesia, Gubernur Sumbar Dorong Pembangunan di Pasbar

Siarandepok.com – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memuji tanah yang ada di Pasaman Barat sebagai tanah yang paling subur di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri acara halal bi halal IKPB Jaya (Ikatan Keluarga Pasaman Barat Jakarta Raya) yang bertemakan “Membangun sinergitas seluruh potensi ranah dan rantau mewujudkan Pasbar yang lebih maju dan beradab” di Gedung Pusdiklat Kemenkeu Jakarta pada Sabtu (11/6/2022).

Karena kesuburan tanah yang dimiliki Pasbar, Mahyeldi mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perkebunan yang ada, khususnya jenis perkebunan kelapa sawit.

Ia juga menyebut bahwa Pasbar merupakan wilayah yang sangat terkenal dengan komoditas sawitnya.

“Saya berharap ikatan nagari lebih kuat. Insyaallah kita Pemprov Sumbar begitu tanggal 26 Februari 2021 bupati saya lantik, kemudian kita langsung rapat hari itu juga. Pesan saya adalah bagaimana kita kompak dan bersinergi dalam menghadapi Covid-19 waktu itu,” ujar Mahyeldi dalam sambutannya.

Ia menilai bahwa ketika kabupaten dan nagari bagus, pasti provinsinya juga akan bagus.

Bahkan saat pelantikan, ada bupati yang membawa seluruh pejabat daerahnya bertemu OPD provinsi. Itulah kata Buya yang disebut memperkuat potensi yang ada secara sinergis.

“Untuk itu kami berharap dukungan semua, insyaallah Pasaman Barat kita sudah hubungkan dengan Sumut yang nanti ujungnya ke Teluk Tapang yang sudah dibangun,” ungkap Mahyeldi.

Targetnya, tahun 2022-2024 akan dibangun jalan dengan anggaran 239 Milyar untuk pembangunan ke Teluk Tapang.

Mahyeldi pun memohon dukungan kepada semua perantau Pasbar agar akses ke Teluk Tapang segera dibuka.

Menurutnya, Air Bangis nantinya akan menjadi pusat pertumbuhan baru. Adapun konsep yang dikembangkan oleh Pemprov Sumbar yaitu memaksimalkan potensi daerah perbatasan, seperti perbatasan Pasbar tersebut.

“Kita kembangkan secara maksimal sehingga nanti sawit dengan undang-undang untuk bagi hasil perkebunan yang sudah ada, nanti Pasbar akan dapat paling banyak,” imbuh Mahyeldi.

Gubernur Sumbar itu mengaku memperjuangkan UU bagi hasil perkebunan sawit hingga disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dengan demikian, Pasbar yang memiliki kebun sawit terluas sangat diuntungkan.

“Pembangunan Teluk Tapang, otomatis membuat daerah Air Bangis akan menjadi salah satu menara perkembangan dan pertumbuhan yang akan lebih baik lagi insyaallah,” harapnya.

Ia mengatakan Teluk Tapang saat ini sudah mulai mengekspor bijih besi. Otomatis ini juga akan bermanfaat untuk masyarakat Pasbar.

“Memang kita memperhatikan daerah perbatasan karena selama ini jarang mendapat perhatian, sementara fungsinya sangat strategis, mohon doa. Ketika Pak Jokowi meminta Pemprov tolong bawa air dan tanah, maka tanahnya saya bawa dari Pasbar,” tutur Mahyeldi.

“Karena memang setelah diteliti tanah di Pasbar paling subur di Indonesia, makanya sawitnya itu subur. Mudah-mudahan kesuburan seperti ini dengan program Pak Bupati juga bisa memperkuat spiritual masyarakat, sehingga keberkahan akan diturunkan oleh Allah,” harap Mahyeldi. Nisa/Naz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru