oleh

Disaksikan Kepala OPD KB Se-Jawa Barat, Pengurus IPKB Jabar Dikukuhkan BKKBN

Siarandepok.com-Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Jawa Barat kini memiliki nakhoda baru. Najip Hendra SP yang sebelumnya mendampingi dua ketua IPKB, Soeroso Dasar dan Almarhum Dadi Ruswandi, didapuk meneruskan tampuk kepemimpinan IPKB Jawa Barat sampai 2025 mendatang.

Najip dikukuhkan Kepala BKKBN Jawa Barat Wahidin di hadapan para kepala OPD KB se-Jawa Barat dan para Ketua IPKB Kabupaten/Kota se-Jawa Barat sesaat sebelum forum konsolidasi media dimulai, Senin, 25 April 2022.

Naiknya Najip ke tampuk utama menandai tumbuhnya regenerasi dan semangat baru IPKB Jawa Barat sepeninggal mendiang Dadi Ruswandi yang berpulang tahun lalu.

Dalam Pengukuhan Pengurus IPKB Jabar yang baru, Kepala BKKBN Jawa Barat Wahidin menyampaikan bahwa Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Jawa Barat merupakan yang pertama terbentuk di Indonesia. Gubernur Ridwan Kamil menekan keputusan TPPS pada 20 Desember 2021, sehari jelang terbitnya RAN PASTI pada 21 Desember 2021.

Namun demikian, kelembagaan di tingkat kabupaten dan kota tersendat karena sejumlah alasan. Bahkan, sampai hari ini tercatat Kabupaten Bekasi menjadi satu-satunya daerah yang belum memiliki TPPS di Jawa Barat.

Meski begitu, Wahidin menilai keberhasilan penurunan stunting membutuhkan sebuah kolaborasi strategis antara pemangku kepentingan, termasuk media. Menurutnya, media menjadi salah satu pilar dalam strategi nasional percepatan penurunan sunting. Dalam hal ini terkait perubahan perilaku dan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi).

“Di sinilah peran IPKB menjadi sangat penting. Harapan kami, teman-teman IPKB bisa membantu untuk melakukan KIE kepada masyarakat. Selain di provinsi, tentu saja di kabupaten dan kota bisa berkomunikasi dengan para kepala OPD KB untuk meningkatkan koordinasi dalam mengawal pemberitaan penurunan stunting ini,” harap Wahidin.

Perlu diketahui bahwa dalam mendjalankan tugas, Ketua IPKB Jabar Najip dibantu 17 orang pengurus dari berbagai kalangan, baik jurnalis, akademisi, pegiat pemberdayaan masyarakat, organisasi kemasyarakatan, hingga content creator dan pegiat zakat.

Di samping itu, kepengurusan IPKB Jawa Barat juga diperkuat sejumlah analis kependudukan dan keluarga berencana dan pranata humas dari internal BKKBN Jawa Barat.

Susunan lengkap Pengurus Daerah IPKB Jawa Barat Masa Bakti 2020-2025 dapat dilihat sebagai berikut:

 

Pengurus Harian    
Ketua : Najip Hendra SP
Wakil Ketua : Arif R. Zaidan
Wakil Ketua : Marina Ayu Viniriani
Sekretaris : Novi Hidayati Afsari
Wakil Sekretaris : Irfan Haniful Qoyyim
Wakil Sekretaris : Roy Primera
Bendahara : Tenang Safari
Wakil Bendahara : Aditya Utami Dewi
Wakil Bendahara : Hendra Kurniawan
Bidang Bidang    
Organisasi dan Keanggotaan : Wiwin Winarni
Kerjasama Antarlembaga : Mantoyo Naga
    Ade Wartono
Penelitian dan Pengembangan : Husein Fauzan
Media Cetak : Novianti Nurulliah
Media Televisi : Nova Nugraha
Media Online/Sosial : Heru Bakti
    Bambang Dwi Nugroho
Media Radio : M. Wildan Pratomo
Koordinator Wilayah    
Bandung Raya : Ghiok Riswoto
Priangan Timur : Aa Mamay
Bekasi-Purwasuka : Achmad Syafariel
Cirebo Raya : Akim Garis
Bogor Raya : Agus Rustandi

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru