oleh

Ketua PWI Depok Raih Press Card Number One di HPN 2022

Siarandepok.com- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok yang juga wartawan senior Republika, Rusdy Nurdiansyah akan menerima Press Card Number One (PCNO) di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu 9 Februari 2022. Rencananya penyerahan PCNO atau Kartu Pers Nomor Satu PWI ini akan dihadiri/diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Rusdy satu-satunya wartawan di Jawa Barat (Jabar) yang diusulkan PWI Provinsi Jabar untuk mendapatkan PCNO PWI yang merupakan kartu keanggotaan tertinggi sebagai bentuk penghargaan khusus atas pengabdian jurnalistik tanpa henti itu,

“Pemilihan penerima PCNO PWI dilakukan oleh satu tim juri yang dibentuk PWI Pusat, dan kemudian diputuskan dalam rapat pleno PWI Pusat,” ujar Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi saat mengumumkan nama penerima PCNO di PWI Pusat Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Mirza, PCNO PWI hanya diberikan kepada wartawan senior yang telah lebih 25 tahun mengabdi di dunia jurnalistik tanpa henti dan memang dianggap layak menerimanya karena memiliki integritas sebagai seorang wartawan, aktif dalam komunitas dan organisasi kewartawanan terutama PWI serta memiliki jejaring yang luas, selalu menjaga hubungan baik dengan nara sumber dan masyarakat.

“Tentu penerima PCNO PWI sudah tidak diragukan lagi kemampuan dalam menulis liputan investigasi, feature (tulisan khas), sajikan kritik yang bertanggungjawab, mengedepankan kepetingan umum serta ikut berperan mencerdaskan dan membangun bangsa,” jelasnya.

Ketua Umum PWI Atal S Depari menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan kepada insan pers yang telah menunjukkan kinerja profesional, berdedikasi, pengorbanan kepada dunia pers, kemerdekaan pers dalam tahun-tahun pengabdiannya.

“Penghargaan ini juga menyimbolkan upaya masyarakat pers untuk memperhatikan orang-orang yang patut menjadi teladan dengan prestasi yang dicapai dan diharapkan dapat menjadi inspirasi insan pers muda sekaligus melanjutkan jejak emas mereka,” terangnya.

Adapun, kriteria penerima PCNO PWI di antaranya menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat daerah, tingkat nasional, mungkin terlebih lagi di internasional, dan secara konsisten berkarya setidaknya dalam kurun waktu 25 tahun.

Kemudian juga secara konsisten berkontribusi membela kemerdekaan pers lewat berbagai gagasan karya dan kiprahnya memajukan SDM pers Indonesia melalui keterlibatan pribadi, organisasi, lembaga ataupun dalam melakukan pelatihan dan kerap menjadi pembicara mensosialisasikan UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Pemberian kartu pers istimewa PCNO ini telah dimulai sejak HPN 2010 di Palembang. Tradisi tahunan ini kemudian berlanjut hingga saat ini untuk dapat menjaga integritas dan marwah pers yang profesioanal sebagai pilar keempat demokrasi.

“Ini suatu kebanggaan bagi PWI Kota Depok, warga dan Pemkot Depok. Kiprah Rusdy cukup dirasakan dalam berbagai hal, terutama dalam mengairahkan dan menumbuhkan kebebasan pers yang bertanggungjawab. Ia layak mendapatkan PCNO PWI,” jelas Wakil Ketua II PWI Kota Depok, Hendrik I Raseukiy, Selasa (25/1/2022).

Menurut Hendrik, PWI Kota Depok sudah menerima surat pemberitahuan dari PWI Pusat No 59PWI-P/HPN/2020/1/2022, Hal Undangan Penerima PCNO atas nama Rusdy Nurdiansyah di HPN 2022 Kendari.

Rusdy sebagai wartawan senior di Kota Depok cukup dinamis, kreatif dan inovatif. Ia membantu mendorong munculnya media-media lokal, mendirikan komunitas wartawan seperti Pokja Wartawan Depok pada 2005, Depok Media Center (DMC) pada 2010 dan pada 2021 berhasil terpilih menjadi Ketua PWI Depok.

Selain itu, Rusdy juga berpengalaman sebagai wartawan di kancah nasional dan internasional. Diantaranya yang fenomenal yakni liputan perang Aceh dan backpacker keliling Asia.

“Ia juga gencar membina dan mendorong wartawan untuk kompeten, untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW), ikut menjadi anggota PWI dengan melalui Orientasi Kewartawanan & Keorganisasian (OKK). Bahkan di masa pandemi Covid-19, Rusdy bergerak cepat mengadakan rapid tes, vaksinasi dan membantu kesulitan kebutuhkan sembako dan juga mencarikan rumah sakit dan tempat isolasi bagi wartawan dan keluarga serta warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” paparnya

Beragam komentar memberi apresiasi dengan penghargaan yang diraih Rusdy, lulusan IISIP Jakarta 1992 dan memulai karir kewartawanan sejak 1991.

“Sangat membantu pembinaan wartawan di Kota Depok. Paham-paham idealis terbentuk dengan rapih hingga akhirnya wartawan yang ada bisa mencontohnya. Apalagi, saat jadi Ketua PWI Kota Depok banyak perubahan dari sisi keorganisasian dan SDM serta kantor PWI Kota Depok sudah sedap dipandang dan layak infrastrukturnya,” tutur Redaktur Pelaksana (Redpel) Radar Depok, Fahmi Akbar.

“Turut bangga, semoga amanah,” ucap Wartawan Senior, Yoyo Pracahyo.

“Alhamdulillah, sukses selalu Bang Rusdy. Mantap,” ujar Wartawan Senior dari Depok Inews, Mahfud.

“Selamat & sukses ketua atas penghargaan Press Card Number One. Semoga semakin profesional dan terus memajukan Kota Depok,” tutur wartawan Swara Pendidikan, Agus.

“Selamat atas pencapaiannya,” ucap anggota DPRD RI, Nuroji.

“Sukses & bisa bermanfaat atas penghargaan yg diberikan,” ujar Ketua DPRD Kota Depok, TM Yusufsyah Putra.

“Pak Rusdy super kreatif terus berkarya sehat sukses selalu. Aamiin,” terang Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti.

“Baarakallahufiik atas penghargaan buat Pak Rusdy. Semakin berdedikasi dalam menjalankan fungsi pers, sebagai penyeimbang informasi,” tutur Anggota DPRD Kota Depok, Farida Rachmayanti.

“Konsistensi yang di lakukan sebagai jurnalis tidak kami ragukan, mengedukasi masyarakat dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme semua disajikan dengan optimisme, rasional, proporsional, profesional dan bertanggung jawab. selamat Rusdy, yang selalu berani pada kebenaran dan fakta,” jelas mantan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

“Alhamdulilah, bikin bangga Kota Depok. Selamat Rusdy,” ucap tokoh masyarakat, Acep Ashari.

“Selamat Pak Rusdy, sangat luar biasa, baru kali ini saya mengenal wartawan yang sangat rendah hati dan sangat baik, sukses terus, tetap sehat dan selalu semangat membangun bangsa melalui pemberitaan yang membangun,” ungkap Kepala Bidang Administrasi dan Humas PLN Depok, Mary Yuliana.

“Selamat Pak ketua. Semoga sukses selalu dan membanggakan warga Kota Depok semoga akan selalu menjadi inspirasi insan pers serta terus menebar manfaat untuk masyarakat,” ujar Ketua Kadin DKI Jakarta yang merupakan warga Kota Depok, Diana Dewi.

“Selamat atas penerimaan Penghargaan Press Card Number One. Penghargaan ini sangat luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri buat yang telah berkarya dan mengabdi di dunia pers.
Selamat dan salam sukses selalu,” tutur Kepala Cabang BNI Kota Depok, Wahyudi.

(Diana Hanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru