oleh

Makna Hari Santri Nasional 2021 Bagi Sekda Kota Depok, H. Supian Suri

Siarandepok.com– Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, telah dilaksanakan pada 22 Oktober lalu dan mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, H. Supian Suri memandang tema tersebut memiliki makna bahwa santri di seluruh Indonesia khususnya di Kota Depok selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia.

“Santri Siaga Jiwa dan Raga merupakan komitmen santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, H. Supian Suri, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya Pengangkatan tema tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari sejarah yang melatarbelakangi perayaan Hari Santri Nasional. 22 Oktober dipilih menjadi tanggal perayaan Hari Santri Nasional karena KH. Hasyim Asy’ari menyerukan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945.

Untuk itu Supian Suri mengatakan, supaya Hari Santri Nasional 2021 menjadi momen bagi para santri untuk selalu berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

“Dengan memegang nilai-nilai leluhur dulu, kami harapkan para santri tidak mudah goyah ketika diterjang godaan ideologi-ideologi tertentu yang berpotensi merusak moral,” katanya.

Terakhir Pria yang akrab di panggil Pa Haji SS menuturkan Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama.

“Selamat Hari Santri, Semoga rahmatan lil’alamin” Pungkas H.Supian Suri

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru